HeadlinesKarangasem

Hari Libur, Bupati Gede Dana Tetap Pantau Proyek Infrastruktur di Karangasem

Amlapura, LenteraEsai.id – Pemkab Karangasem berkomitment untuk menuntaskan perbaikan infrastruktur di daerahnya, baik yang mengalami kerusakan akibat bencana alam maupun proyek rekonstruksi dan peningkatan sejumlah ruas jalan di Bumi Lahar, kendati dengan anggaran terbatas.

Komitmen tersebut ditegaskan oleh Bupati Karangasem I Gede Dana, Minggu (17/9/2023), saat melakukan peninjauan lapangan terkait sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang tengah berlangsung, dan pengecekkan kondisi infratruktur yang akan segera dilaksanakan perbaikan.

Didampingi Kepala Dinas PUPR Karangasem Wedasmara dan tim teknis, Bupati Gede Dana meninjau proyek rekonstruksi peningkatan ruas jalan penghubung Abang-Kikian, Kecamatan Abang. Ruas jalan ini, sebut Gede Dana, tergolong cukup vital karena merupakan jalur alternatif tercepat warga di Kecamatan Abang menuju ke tempat mereka bekerja di pusat Kota Amlapura. Karenanya bisa dikatakan jika akses jalan ini setiap harinya ramai dilintasi kendaraan warga.

Dijelaskannya, ruas jalan Abang-Kikian yang kini tengah direkonstruksi sepanjang 2,150 kilometer dengan lebar permukaan aspal 3 meter. Rekonstruksi yang meliputi lapis permukaan (Ac-Wc) jalan dan sarana pelengkap seperti pembangunan gorong-gorong, saluran, DPT/senderan dan betonisasi bahu jalan itu, waktu pengerjaan ditarget selama 120 hari kalender.

“Tadi saya bersama Kadis PUPR dan tim teknis melakukan pengecekan kwalitas bahan dan pengerjaannya. Karena akses jalan ini sangat penting dan ramai dilintasi kendaraan, jadi kwalitas pengerjaannya harus betul-betul diawasi,” ujar Gede Dana, sembari menyebutkan sejauh ini kwalitasnya sudah bagus dan sudah sesuai dengan perencanaan. Dan jalan tersebut sudah diperlebar. Untuk bagian yang diaspal saja itu lebarnya 3 meter, belum termasuk lebar bahu jalan yang diibetonisasi.

Usai memantau proyek rekonstruksi ruas jalan Abang-Kikian, Bupati Gede Dana selanjutnya meninjau pembangunan wantilan di Kantor Camat Abang yang saat ini tengah berlangsung. Dalam peninjauan tersebut, Gede Dana secara detail mengecek spesifikasi dan perencanaan dalam buku kontrak, termasuk progres pembangunan yang tengah berlangsung.

“Untuk rekonstruksi wantilan di Kantor Camat Abang, saya lihat tadi gambarnya sudah bagus, perencanaannya juga sudah bagus. Tapi tadi kami berfikir selama ini kan wantilan di Karangasem sering digunakan untuk masyarakat degan kapasitas banyak. Sehingga kami berharap kapasitas tampung wantilan ini bisa ditingkatkan. Bisa di CCO mungkin perencanaannya, sehingga nantinya bisa digunakan dengan kapasitas orang yang lebih banyak,” kata Bupati Gede Dana.

Wantilan tersebut juga perlu didukung dengan lapangan yang luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk lokasi parkir kendaraan, terutama saat berlangsungnya suatu kegiatan yang melibatkan orang banyak, ucapnya.

Sementara menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat, Bupati Gede Dana juga memantau kondisi ruas jalan yang menghubungkan Dusun Teki dengan Panglega, di Dusun Wates, Desa Datah, Kecamatan Abang, yang terputus akibat terjangan banjir bandang yang terjadi pada Kamis, 6 April 2023 lalu.

Dari hasil pengecekkan bersama tim teknis, Bupati Gede Dana mengusulkan untuk dilakukannya peningkatan ruas jalan sehingga nantinya jalan penghubung dua dusun di Desa Datah tersebut bisa diperlebar dengan badan jalan berhotmix.

“Jalan memang sudah menggunakan rabat beton, tapi kondisinya sudah mengalami kerusakan, dan ada bagian badan jalan yang terputus. Akses jalan tersebut sangat vital karena menjadi jalur ekonomi dan pendidikan warga. Kami akan usahakan perbaikannya bisa segera dilakukan,” ujar Gede Dana, menegaskan.  (LE/Kar)

Lenteraesai.id