judul gambar
DenpasarHeadlines

Wawali Denpasar Terima Kunjungan Studi Komparasi FKUB Sawahlunto

Denpasar, LenteraEsai.id – Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) AA Ngurah Gede Darma Putra Atmadja, menerima kunjungan studi komparasi Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti bersama tim FKUB Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat, di Kantor Wali Kota Denpasar, Kamis (7/9/2023).

Tampak hadir perwakilan dari pemuka tiap-tiap agama dari FKUB Kota Sawahlunto dan FKUB Kota Denpasar. Wakil Wali Kota Sawahlunto, Zohirin Sayuti menyampaikan rasa bahagianya berada di Kota Denpasar. Hal ini lantaran keberlangsungan keberagaman etnis di Kota Denpasar bisa berjalan beriringan.

“Kerukunan umat beragama di daerah kami sangat kondusif. Belum pernah terjadi perselisihan yang berlatar belakang SARA di Sawahlunto. Di sana bahkan ada rumah ibadah yang berdekatan seperti gereja dan masjid. Jadi kehidupan keagamaan di sana sangat rukun,” kata Zohirin.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa. Ia menyebutkan jalinan kerukunan antarumat beragama di Kota Denpasar berjalan baik. Di mana, toleransi sesama umat beragama terus meningkat dengan rasa saling menghormati. Bahkan, setiap kegiatan keagamaan di Kota Denpasar selalu melibatkan FKUB untuk menjaga toleransi.

“Kondisi kerukunan umat beragama di Kota Denpasar sampai saat ini sangat damai dan harmonis, hal ini sesuai dengan slogan kita Vasudahiva Kutumbhakam yang artinya kita semua bersaudara. FKUB terus berkomitmen dalam merawat bersama dan juga upaya meningkatkan koordinasi dan sinergitas lintas agama,” ungkap Kadek Agus.

Wawali juga menyampaikan terima kasih kepada Wakil Wali Kota serta pihak FKUB Sawahlunto yang telah berkunjung serta bersilaturahmi ke Kota Denpasar terkait menjaga kerukunan beragama. Tentunya, studi komparasi ini diharapkan manjadi wahana tukar inovasi dalam menjaga kerukunan umat beragama di kedua daerah.

“Satu kebanggaan bagi kami atas kedatangan tamu dari Sawahlunto untuk study comparative FKUB, ini menandakan Kota Denpasar menjadi role model dalam kerukunan kehidupan beragama,” ucapnya, menandaskan. (LE/Dep)

Lenteraesai.id