judul gambar
GianyarHeadlines

Sebanyak 247 Sopir Angkutan Siswa Gianyar Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Gianyar, LenteraEsai.id – Guna memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi berbagai tantangan dan risiko yang dapat terjadi dalam melakukan pekerjaan, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada 247 sopir angkutan siswa gratis yang aman untuk anak kita.

Kadisnaker Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani, Senin (7/8) menjelaskan bahwa penyerahan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tersebut merupakan program pemerintah dalam melindungi tenaga kerja. “Keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan merupakan program pemerintah yang wajib dilaksanakan oleh pemberi kerja. Di mana dalam implementasinya, pemberi kerja wajib mendaftarkan seluruh tenaga kerjanya baik yang bersifat tetap, kontrak, maupun harian, sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Ditekankan Dayu Surya, sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah tentu memiliki kewajiban untuk membayar setiap bulannya, namun nilainya sangatlah kecil jika dilihat dari manfaat yang didapat. “Kalau dilihat besaran premi untuk ikut sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan itu hanya 16.800 per bulan. Mungkin jumlah tersebut jauh lebih kecil dari biaya rokok bapak-bapak,” ucapnya sembari tersenyum.

“Namun manfaat yang diberikan oleh BPJS sangatlah besar, jadi jaminan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan ada jaminan untuk kecelakaan kerja. Jadi apabila bapak ibu mengalami kecelakaan kerja, ini sudah langsung diberikan. Ada juga jaminan hari tua dan jaminan pensiun dan satu lagi adalah jaminan kehilangan pekerjaan yang tentunya dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Kabupaten Gianyar I Made Arianta mengungkapkan bahwa Kabupaten Gianyar memulai angkutan siswa gratis dari tahun 2018. Program ini sudah berjalan 5 tahun dan ini adalah tahun kelima sesuai dengan masa kepemimpinan Bupati Gianyar. Dalam perjalanannya di tahun 2018, Dishub mengawali dengan pelayanan 75 unit kendaraan melayani 10 SMP. Kemudian terus berkembang di tahun 2019 meningkat dengan 184 unit armada dengan 75 trayek di 10 SMP.

Tahun 2020 kembali bertambah menjadi 240 unit untuk 16 SMP, tahun 2021 tetap di 16 SMP sampai di tahun 2022 dan kemudian saat ini di tahun 2023 sudah memiliki 247 unit armada dengan 80 trayek dan melayani 17 SMP dengan pagu kegiatan sebesar 18 miliar, ucapnya.

“Jadi untuk bapak ibu ketahui, program ini merupakan satu-satunya di seluruh Bali yang mampu menyerap dan melayani sedemikian besar siswa, sedemikian banyak sekolah, dan jumlah armada yang juga banyak,” kata Arianta.

Arianta juga menitipkan pendidikan karakter anak-anak kepada para sopir angkutan siswa. “Saya mohon agar bapak/ibu sopir memberikan pendidikan kepada anak-anak, agar mereka bisa memahami keselamatan dalam bertransportasi karena dalam proses pulang dan pergi mereka dari rumah-sekolah itu juga bagian dari pendidikan. Bagaimana mereka menjaga keselamatan dirinya dalam berkendara di fasilitas umum itu mencerminkan karakter seseorang,” kata Kadis Perhubungan.

Sementara itu, Bupati Gianyar yang diwakili Sekda Gianyar I Dewa Gde Alit Murdiarta mengungkapkan, program Angkutan Siswa Gratis Kabupaten Gianyar merupakan salah satu ide Bupati Gianyar. Di mana program tersebut sangat dirasakan maanfaatnya oleh orang tua siswa, khususnya SMP di Kabupaten Gianyar, maupun para sopir angkot.

“Dengan adanya angkutan siswa gratis, orang tua siswa lebih diringankan bebannya dalam mengantar dan menjemput anak ke sekolah. Angkutan siswa telah terbukti memberikan rasa aman bagi orang tua, karena anak-anak tidak perlu mengendarai sepeda motor ke sekolah. Sementara keuntungan lainnya adalah sopir angkot memperoleh pendapatan yang pasti, karena ada kontrak kerja dengan pemerintah,” ujarnya. (LE/Gin)

Lenteraesai.id