GianyarHeadlines

‘Gema Anak Gianyar IV’ Adalah Ruang Berkreasi dan Melahirkan Duta Anak Gianyar

Gianyar, LenteraEsai.id – Guna memberikan ruang untuk berkreasi, berapresiasi dan berpartisipasi kepada anak-anak Gianyar, Pemerintah Kabupaten Gianyar kembali menyelenggarakan ‘Gema Anak Gianyar IV’ tahun 2023, di Museum Subak Masceti Gianyar, Selasa (21/2/2023).
Kegiatan tersebut dibuka dengan penyematan pin dan name tag oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Gianyar, Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu.
Gema Anak Gianyar IV yang dilaksanakan dari tanggal 21 hingga 23 Februari 2023 dengan mengangkat tema ‘Jagat Abhipraya Kumara’, diikuti oleh peserta perwakilan dari setiap kecamatan. Kegiatan ini nantinya akan melahirkan Duta Anak Gianyar tahun 2023.
Dalam sambutannya, Cok Trisnu mengatakan, melalui Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar, Pemkab Gianyar mendorong keterlibatan anak dalam pengambilan keputusan segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya sendiri, sehingga anak dapat menikmati atau manfaat dari keputusan tersebut.
Forum Anak Daerah juga menjembatani komunikasi dan interaksi Pemkab dengan anak-anak di Kabupaten Gianyar. “Kalian perwakilan dari masing-masing kecamatan, suarakanlah permasalahan dan harapan yang ada di tempat kalian, satukan persepsi untuk membangun Gianyar yang lebih baik ke depannya,” kata Cok Trisnu, mengharapkan.
Lebih lanjut dikatakan, melalui Gema Anak Gianyar yang dilaksanakan setiap tahunnya, pihaknya berharap anak-anak Gianyar ini akan menjadi embrio terbentuknya Forum Anak Kecamatan dan Forum Anak Desa/Kelurahan. “Tetaplah mengekspresikan diri, merangkul dan menyebarkan energi positif serta manfaatkanlah waktu luang kalian untuk kegiatan positif, bermanfaat dan bisa menginspirasi,” ujarnya, berpesan.
Ketua Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar, I Kadek Krishna Saputra berharap kepada para peserta dapat bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan Gema Anak Gianyar. Bahkan bukan hanya mengikuti saja, tetapi juga dapat membangun relasi dengan teman-teman lainnya. “Di sinilah kalian dapat berkenalan dengan yang lainnya dan meningkatkan diri kalian,” ujarnya.
Tidak hanya sebagai ruang berkreasi, berapresiasi dan berpartisipasi bagi anak-anak Gianyar, forum ini juga dapat mengangkat permasalahan yang ada di kecamatan masing-masing dalam proses pengambilan keputusan nantinya. “Tetap semangat, tetaplah berproses, tetaplah belajar dan jangan pernah lupa mencari teman di sekitar kalian,” ucapnya, mengingatkan.  (LE-GN)

Lenteraesai.id