judul gambar
HeadlinesKarangasemOlahraga

East Bali Bangkitkan Sepak Bola Karangasem Setelah Cukup Lama Vakum

Karangasem, LenteraEsai.id – East Bali merupakan salah satu klub sepak bola yang berbadan hukum di Kabupaten Karangasem dan berada di bawah naungan Askab PSSI Karangasem, Bali bagian timur.

East Bali yang berdiri pada 29 September 2021, sering dijuluki dengan sebutan Kumbang Putih dari timur Pulau Bali, di mana tujuan utamanya adalah membina generasi dan pecinta bola usia dini, khususnya di Kabupaten Karangasem.

Sekretaris East Bali Kadek Bayu Sriarsa ketika dihubungi di Sekretariat East Bali di Amlapura, Rabu (11/1) mengatakan, dengan berpandangan bahwa sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer di mancanegara dan banyak diminati mulai dari anak-anak usia dini sampai orang dewasa, mendorong pihaknya untuk mendirikan klub sepak bola.

Di samping itu, pendirian klub juga untuk membangkitkan dan memajukan sepak bola di Kabupaten Karangasem yang telah cukup lama vakum. “Dari sanalah terbentuk sebuah ide untuk mendirikan klub sepak bola yang berstandar hukum di Kabupaten Karangasem,” ucapnya.

Pada akhirnya berdirilah klub sepak bola yang diberi nama East Bali yang diketuai oleh Gede Pasek Suardika SH MH (GPS), Sekretaris Kadek Bayu Sriarsa dan Bendahara Gusti Bagus Mahardika Santosa, yang bersama jajaran pengurus lainnya dan para pelatih, kemudian terjun mengelola sepak bola di lapangan.

“East Bali ini dibentuk bukan sekedar untuk di bidang olahraga saja namun kami melihat hal itu dari pandangan luas, di mana berguna dalam mengelola fasilitas olahraga di Karangasem khususnya bola, seperti pengelolaan lapangan (stadion), pemanfaatan fasilitas yang diberikan agar tidak terbengkalai, bermanfaat dengan baik dan digunakan sesuai fungsinya,” ujar Bayu Sriarsa didampingi Gusti Bagus Mahardika dan Kadek Dede Pranata.

Dari awal terbentuknya klub sepak bola East Bali sudah sempat ikut bertanding dalam ajang-ajang resmi seperti di Liga 3 Bali 2021 yang disponsori oleh Bali United, dan Piala Soeratin U-17 Bali 2021. Selain itu juga ikut serta dalam ajang Porprov Bali XV tahun 2022 yang berkolaborasi dengan perwakilan dari Askab PSSI Karangasem hingga meraih Medali Perunggu untuk pertama kalinya, dan tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Karangasem.

“Untuk saat ini East Bali akan fokus ke arah pendidikan dan pembinaan pada Football Academy usia dini (usia 8-17 tahun), dan kami juga sangat berharap agar pemerintah selalu mendukung kami dan juga generasi-generasi penerus khususnya di cabang olahraga dan mudah-mudahan bisa bekerja sama dalam memajukan Karangangasem ke depannya,” ujarnya, mengharapkan.  (LE-AS)

Lenteraesai.id