judul gambar
HeadlinesKarangasem

Jaring Kerap Ditabrak Kapal, Nelayan Merugi dan Mengadu ke KSOP Padangbai

Karangasem, LenteraEsai.id – Kapal-kapal ferry yang melintasi Perairan Amed dan Bunutan di Kabupaten Karangasem, Bali, sering kali menabrak jaring milik nelayan hingga menimbulkan kerugian dalam jutaan rupiah. Hal itu kini memicu para nelayan datang mengaduk ke KSOP Padangbai, Kamis (24/11/2022).

Dalam sebuah pertemuan yang dilaksanakan di Wantilan Objek Wisata Amed, keluhan tersebut disampaikan para nelayan. Mereka meminta agar KSOP Padangbai bisa mengimbau dan mengingatkan agar kapal-kapal yang melintas di dekat jalur Tol Laut di wilayah perairan Amed dan Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, dapat mengurangi kecepatan dan menghindari jukung nelayan. Utamanya pada pukul 06.00 hingga 09.00 Wita.

“Kami sudah memberikan tanda dengan memasang layar jukung, agar nahkoda kapal yang melintas di dekat Tol Laut itu mau menghindari aktivitas nelayan yang tengah menangkap ikan. Namun sayangnya, sering tidak dihiraukan oleh para nahkoda kapal, sehingga banyak jukung dan jaring nelayan yang tertabrak kapal. Kerugian yang kami alami pun bisa mencapai belasan juta rupiah,” kata I Wayan Sujana, salah satu perwakilan nelayan dari Banjar Dinas Banyuning, Bunutan. Kata dia, harga satu karung jaring rata-rata dua juta rupiah, sedangkan satu jukung bisa membawa tiga hingga empat karung jaring.

Sementara Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin berjanji akan menyampaikan keluhan para nelayan ke pihak berwenang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Gili Mas, Lombok, termasuk ke VTS Pelabuhan Benoa Bali, agar kapal-kapal ferry rute penyeberangan Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi-Pelabuhan Gilimas, Lembar, Lombok, maupun jenis kapal lainnya yang melintas di jalur pelayaran tersebut berhati-hati, memelankan lajunya dan sebisa mungkin menghindari jaring nelayan.

“Keluhan dari para nelayan itu akan kami sampaikan ke pihak Tanjung Wangi dan Gili Mas, Lombok,” ucap Eka Suyasmin, menjelaskan. (LE-Ami)

Lenteraesai.id