judul gambar
HeadlinesKarangasem

Lagi, Damkartan Karangasem Tangani Kebakaran Lahan di Wilayah Kubu

Karangasem, LenteraEsai.id – Warga di wilayah Kubu, Kabupaten Karangasem kembali dibuat kelimpungan akibat kebakaran lahan seluas 10 are di atas tanah milik perbekel Kubu I Nyoman Pica (53) pada Rabu (28/9/2022) malam.

Kebakaran yang berlokasi tepat di Banjar Dinas Tulamben, Desa Tulamben, Kecamatam Kubu tersebut cukup mengkhawatirkan. Api besar terlihat melalap tumbuhan semak belukar kering yang ada di seputar lahan. Melihat itu, Kadus Tulamben I Nyoman Suastika segera menelepon petugas pemadam kebakaran.

Begitu menerima laporan, Damkartan Karangasem segera menurunkan pasukannya untuk menangani peristiwa tersebut. “Kami menurunkan pasukan sebanyak 19 orang, kemudian ada 9 orang yang berangkat ke lokasi, sisanya jaga pos. Namun sampai sana api sudah agak meredup sehingga kami mematikan sisa-sisa bara api secara manual,” kata Kepala Dinas Damkartan Kabupaten Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah.

Belum diketahui penyebab timbulnya kebakaran, karena masih harus dilakukan penyilidikan bersama pihak kepolisian setempat. Namun beruntung, lidah api tidak sampai merembet ke lokasi lain yang umumnya telah kekeringan akibat musim panas yang baru lalu, serta tidak pula menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka bakar.

Sementara secara total kobaran api telah dapat dijinakkan oleh petugas Damkartan Karangasem dengan lama penanganan sekitar 28 menit. lamanya. Sebelum kembali ke pos, petugas Damkartan memastikan benar-benar tidak ada lagi bara sekecil apapun yang tersisa, sehingga tidak sampai memicu kebakaran susulan. Mengingat di lahan tersebut banyak tanaman kering yang sangat mudah terbakar, ujar Kadis Damkartan. (LE- Ami) 

Lenteraesai.id