HeadlinesJembrana

Pascasarjana Unud Laksanakan Aksi Bersih-bersih di Kawasan Taman Nasional Bali Barat

Jembrana, LenteraEsai.id – Pascasarjana Universitas Udayana menjalin kolaborasi kerja sama dengan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) guna merwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati dengan menjaga kebersihan lingkungan, mengatasi serta mengelola sampah plastik atau sampah anorganik.

Pada Minggu (21/8), Pascasarjana Universitas Udayana bersama Balai Taman Nasional Bali Barat melaksanakan aksi bersih-bersih (clean up) bersama di Kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana Unud Prof Ir Linawati MEngSc PhD mengucapkan terima kasih kepada TNBB yang telah berkolaborasi dengan Pascasarjana Unud dalam hal kelestarian lingkungan, mengingat Pascasarjana Unud memiliki Program Studi S2 dan S3 Ilmu Lingkungan. Dengan menjaga kebersihan lingkungan akan berdampak pada terjaganya ekosistem flora dan fauna di sekitarnya, terutama di Kawasan Taman Nasional Bali Barat yaitu jalak bali.

Perwakilan TNBB, Maman, menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini mengingat kebersihan lingkungan sangat penting. Salah satu prinsip pengelolaan wisata di Taman Nasional Bali Barat adalah menjaga kebersihan lingkungan dengan mengatasi serta mengelola sampah plastik atau anorganik.

Dalam mengatasi sampah-sampah tersebut, Balai Taman Nasional Bali Barat secara rutin melakukan aksi clean up bersama masyarakat untuk membersihkan sampah di pantai maupun di dalam kawasan lainnya. Hal ini bertujuan menjaga populasi satwa terutama Jalak Bali yang merupakan satwa endemik Bali yang menjadi maskot Taman Nasional Bali Barat yang keberadaannya di habitat aslinya hanya tinggal beberapa ratus ekor saja, bahkan sempat nyaris punah karena perburuan liar.

“Dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memantau pertumbuhan populasi jalak bali, TNBB dapat menjaga populasi jalak bali dengan baik,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian akan sampah dari berbagai unsur masyarakat sebagai komitmen untuk mengurangi sampah dan menjaga kebersihan lingkungan khususnya di kawasan TNBB. Diharapkan masyarakat akan semakin peduli dalam keikutsertaannya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan konservasi Taman Nasional Bali Barat ini.

“Dengan terciptanya lingkungan yang bersih akan mendorong perkembangan wisata alam yang nantinya berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar kawasan TNBB. Marilah mulai sekarang kita kurangi penggunaan plastik dan barang-barang sekali pakai yang dapat menimbulkan limbah anorganik,” ungkap Maman. (LE-JB)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id