judul gambar
HeadlinesKarangasem

10 Hektare Lahan di Kubu Terbakar Misterius, Berhasil Diatasi Damkartan Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Musibah kebakaran cukup hebat terjadi pada sebidang lahan seluas kurang lebih 10 hektare di Banjar Dinas Bukit, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem pada Selasa, 30 Januari 2022.

Kobaran api yang disertai suara-suara letupan cukup keras memberangus lahan yang ditumbuhi beberapa jenis tanaman keras dan produktif, semak belukar, ilalang serta rerumpuhan yang beberapa di antaranya tampak mengering akibat musim panas belakangan ini.

Diperoleh keterangan, areal yang diamuk si jago merah tersebut merupakan milik perseorangan. “Ya itu lahan milik lima orang warga,” kata Kadis Damkartan Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah. Terlihat lahan tersebut cukup produktif karena berisi sejumlah pohon enau dan pohon mangga.

“Kami menerima laporan ada kebakaran dari warga bernama Gede Ari Pratama, kemudian pasukan sebanyak 9 orang kami kerahkan dengan menggunakan 3 unit armada ke tempat kejadian,” ujarnya, menjelaskan.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa itu, dan kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan dengan menyemprotkan sekitar 20.000 liter air.

Mengenai penyebab kebakaran, Kadis Damkartan belum dapat memastikannya, terlebih tidak ada saksi mata yang melihat awal mula timbulnya api, karena amuk si jago merah cukup jauh dari pemukiman penduduk.

“Dari info awal di lapangan, tidak ada warga yang tahu pasti penyebab  terjadinya kebakaran, alias masih misterius,” ucap Siki Ngurah sembari mengimbau warga masyarakat untuk tetap berhati-hati dan tidak membakar sampah ataupun semak belukar secara sembarangan.

Selain itu, warga juga diingatkan untuk tidak membuang puntung rokok dengan seenak udel di musim panas seperti sekarang ini, yang tidak jarang menjadi penyebab timbulkan kebakaran, kata Kadis Damkartan Karangasem.  (LE-Ami)

Lenteraesai.id