judul gambar
HeadlinesKarangasem

KPU bersama Kesbangpol Karangasem Giatkan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

Karangasem, LenteraEsai.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem gencar melaksanakan sosialisasi program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Pelaksanaan DP3 di 8 kecamatan di Kabupaten Karangasem merupakan bagian dari pendidikan demokrasi kepada masyarakat.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Karangasem IG Krisna Adi Widana ST MAP menilai Pemkab Karangasem melalui Kesbangpol Kabupaten Karangasem begitu peduli pendidikan demokrasi untuk masyarakat di daerahnya.

“Hal ini dibuktikan dengan menggulirkan anggaran untuk sosialisasi ke beberapa desa yang ada di Kabupaten Karangasem,” kata Krisna di sela-sela sosialisasi program DP3 di Aula Gedung Kantor Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, pada Selasa (2/8).

Ditambahkannya bahwa pendidikan demokrasi kepada masyarakat dinilai sangat penting. “Bahkan pelaksanaan sosialisasi ini disinergikan dengan momentum yang akan menyongsong pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024,” ungkap Krisna.

Krisna berharap melalui pelaksanaan sosialisasi ini dapat terciptanya pemilu yang kondusif, aman, dan berkualitas, karena masyarakatnya sudah diberikan pendidikan demokrasi. Selain itu, ia berharap dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada saat pemilu dan pemilihan mendatang.

“Kami juga berharap para peserta yang hadir dapat menyebarluaskan informasi yang didapat pada giat sosialisasi kali ini kepada masyarakat sekitar yang ada di desa masing-masing,” ucapnya, mengharapkan.

Lebih lanjut ia mengatakan, para peserta yang hadir dan diundang pada pelaksanaan sosialisasi cukup terbatas. Termasuk waktu dan anggarannya pun terbatas. “Untuk itu, kami berharap para peserta yang hadir bisa mensosialisasikan ulang ke seluruh lapisan masyarakat yang belum sempat diundang dalam sosialisasi ini. Artinya, bisa disampaikan melalui mulut ke mulut,” ujar Krisna.

Krisna mengatakan pada Pemilu serentak 14 Februari 2024 mendatang, adalah pelaksanaan pengusutan suara untuk Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD RI.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan hak pilihnya maupun hak dipilih. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, dan pelaksanaan pemilu maupun pemilihan berkualitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya, menegaskan. (LE-KR)

Lenteraesai.id