judul gambar
HeadlinesKarangasem

Puluhan Badan Usaha di Karangasem Nunggak BPJS, Total Dana Mencapai Rp366 Juta

Karangasem, LenteraEsai.id – Puluhan badan usaha (BU) di Kabupaten Karangasem, Bali bagin timur, tercatat menunggak pembayaran BPJS Kesehatan, di mana total dana tunggakan mencapai Rp366 juta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Elly Widiani, mengatakan hal itu saat mengadakan acara ngopi bareng wartawan di Tukad Jangga, Selasa (26/7/2022). “Ini tentu saja membuat jumlah peserta yang non aktif menjadi bertambah,” ujarnya.

Dikatakan, ada sekitar 66 BU yang masih menunggak iuran BPJS Kesehatan. Selain itu, terdapat pula tunggakan dari Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang jumlah tunggakannya mencapai lebih dari Rp24 miliar dari sebanyak 32.834 peserta progam BPJS Kesehatan.

Sementara berbagai alasan yang sering dilontarkan baik BU ataupun PBPU untuk menunggak ialah karena kondisi ekonomi pascapandemi Covid-19. “Selain alasan itu, ada juga faktor kesadaran dan faktor lupa. Ada juga peserta yang baru sakit, ketika membutuhkan baru ingat untuk membayar. Selain itu karena tunggakannya sudah terlanjur dibayar, jumlahnya membengkak, jadi peserta ini malas mereka membayar,” ujar Elly, menjelaskan. (LE-Ami)

Lenteraesai.id