judul gambar
HeadlinesKarangasem

Tiga Desa di Karangasem Ditetapkan Jadi ‘Desa Bersinar’

Karangasem, LenteraEsai.id – Sebanyak 3 desa dan kelurahan di Kabupaten Karangasem ditetapkan sebagai ‘Desa Bersinar’ (Desa Bersih dari Narkoba) untuk tahun 2022.

Ketiga desa atau kelurahan tersebut, masing-masing Desa Nongan di Kecamatan Rendang, Desa Tenganan Kecamatan Manggis, dan Kelurahan Padangkerta di Kecamatan Karangasem.

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa menyerahkan langsung SK Penetapan sebagai ‘Desa Bersinar’ itu kepada masing-masing Camat dari tiga desa, pada acara Workshop P4GN yang diadakan BNNK Kabupaten Karangasem di Villa Taman Surgawi, Senin (18/7/2022).

Kepala BNNK Kabupaten Karangasem Tri Kuncoro mengatakan, ketiga desa tersebut ditetapkan sebagai ‘Desa Bersinar’ setelah berhasil membersihkan warganya dari penyalahgunaan narkoba. “Dulunya ada kasus terkait penyalahgunaan narkoba di tiga desa itu, namun kini di masing-masing desa berhasil menumpas penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, ketiga desa menyusul membentuk kepengurusan kelompok kerja desa bersih narkoba. “Di mana BNNK nantinya bertugas mendampingi desa-desa ini, dan di desa ini pula para korban penyalahgunaan narkoba yang sudah sembuh diberdayakan dengan mengajari mereka keterampilan agar dapat berbaur kembali ke masyarakat,” kata Tri Kuncoro.

Sementara Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa berharap tidak ada lagi penyalahgunaan narkoba di tiga desa tersebut. “Mudah-mudahan tidak ada warga yang kena lagi, dan menjadi pembelajaran bagi desa lainnya. Dan saya harap desa lain dapat mencontoh ketiga desa ini dalam menumpas kasus narkoba,” ujar Artha Dipa, mengharapkan.

Sehubungan aksi penyalahgunaan narkoba sangat membahayakan, Wabup Artha Dipa mengimbau agar pelaksanaan ‘Desa Bersinar’ dapat terlaksana di desa-desa lainnya di Kabupaten Karangasem.

Wabup mengajak para aparat desa seperti Camat, Perbekel, maupun ASN yang ada di desa-desa, dapat bekerja sama dalam memberantas kasus pelanggaran narkoba yang diduga terus merembes ke masyarakat.

“Barangkali desa adat perlu punya perarem yang jelas untuk memberantas narkoba. Jika kita kompak dan semangat, pasti bisa !,” ucap Artha Dipa penuh semangat saat membuka acara P4GN yang juga dihadiri oleh para Perbekel maupun Camat dari tiga desa yang berhak menyandang predikat ‘Desa Bersinar’ itu.¬† (LE-Ami)

Lenteraesai.id