judul gambar
HeadlinesNasionalSurabaya

Tingkatkan Kualitas Akademik, FPar Unud Lakukan Studi Banding ke UPN Veteran Jawa Timur

Surabaya, LenteraEsai.id – Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Fpar Unud) melakukan studi banding ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur di Surabaya, pada Jumat (10/6).
 
Rombongan Fpar Unud diterima di Gedung Giri Adhi Krita dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan kunjungan balasan, di mana sebelumnya UPN Veteran Jawa Timur telah melakukan kunjungan ke FPar Unud. Selain itu, kunjungan studi banding ini juga digelar dalam rangka meningkatkan kualitas akademik di Fakultas Pariwisata Unud dengan mendiskusikan 3 topik utama yaitu Program MBKM, Akreditasi Internasional FIBAA, serta terkait penyetaraan fungsionaris dalam kepegawaian di lingkungan Fpar Unud.
 
Dalam diskusi tentang Program MBKM di Ruang Penida Noor, kedua pihak saling berbagi pengalaman dan ide tentang MBKM untuk mendorong mahasiswa agar berinisiatif mengikuti kegiatan MBKM tanpa adanya paksaan. Sementara terkait dengan Akreditasi Internasional FIBAA, disampaikan bahwa yang paling penting dari proses FIBAA adalah pembuatan kurikulum, proses pembelajaran, dan proses akhir yakni apakah lulusan dapat diterima oleh industri atau tidak.
 
Selain itu, pihak UPN Veteran Jawa Timur juga berbagi pengalaman mengenai produksi podcast yang dikelola oleh salah satu laboratorium Ilmu Komunikasi yang telah dipublikasikan di Spotify dan ditangani oleh mahasiswa sendiri. Dijelaskan bahwa, pihak dosen dan mahasiswa berkolaborasi untuk memproduksi podcast dengan profesional dan seringkali mendatangkan SDM profesional untuk melakukan pelatihan.
 
Dekan FISIP UPN Veteran Jawa Timur, Dr Drs Ec Gendut Sukarno MS CHRA dalam wawancara dengan Tim Redaksi menyebutkan, studi banding ini diharapkan dapat membina hubungan kerja sama yang lebih erat dengan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana ke depannya. Kegiatan ini turut dihadiri Dekan, Wakil Dekan dan Koprodi di lingkungan FISIP UPN Veteran Jawa Timur.  (LE-SB)
 

Lenteraesai.id