judul gambar
DenpasarHeadlines

Gelar Kuliah Tamu, FK Unud dan Faculty of Medicine Cairo University Tanda Tangani PKS

Denpasar, LenteraEsai.id – Seiring dengan kemajuan teknologi, teknik operasi pembedahan saat ini sudah tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi pasien. Teknik pembedahan dengan invasif minimal, kini merupakan metode pembedahan yang dilakukan dengan sayatan minimal.

Teknik tersebut memadukan alat bantu kamera, monitor dan instrument khusus, melakukan pembedahan melalui layar monitor. Prosedur invasif minimal pada bidang kebidanan dan kandungan, terbagi menjadi dua kategori yaitu Laparoskopi dan Histeroskopi.

Dengan adanya kondisi tersebut, Program Studi Spesialis Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) menyelenggarakan kerja sama kuliah tamu dengan Cairo University, bertempat di Ruang Saraswati Gedung Kesehatan Reproduksi RSUP Sanglah Denpasar, Sabtu (4/6).

Serangkaian dengan acara kuliah tamu, FK Unud dalam kesempatan ini juga menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Prof Dr Osama Ahmed Shawki Yacout sebagai visiting profesor di Departemen/KSM Obstetri dan Ginekologi FK Unud.

Kuliah tamu kali ini mendatangkan narasumber yang sangat mumpuni dan memiliki pengalaman di bidang teknik operasi minimal invasif khususnya, yaitu Prof Dr Osama Ahmed Shawki Yacout yang merupakan guru besar di bidang Ginekologi di Faculty of Medicine Cairo University. Selain Prof Osama, pada kesempatan yang baik ini juga turut serta mengundang dr Eddy Hartono SpOG (K) yang merupakan Staf Divisi Obsos FK Universitas Hasanudin Makassar sebagai narasumber kedua.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh staf dan peserta didik (residen) di Program Studi Spesialis Obstetri dan Ginekologi FK Unud ini bertujuan agar lulusan spesialis obgyn FK Unud mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknik operasi terkini agar bisa bersaing di dalam maupun luar negeri.

Acara ini turut dihadiri oleh Dekan FK Unud Dr dr Komang Januartha Putra Pinatih MKes, Dirut RSUP Sanglah dr I Wayan Sudana MKes, Ketua Fertility Endocrinology Reproduction (HIFERI) Dr dr Hendy Hendarto SpOG (K), dan Koordinator Program Studi Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr dr I Nyoman Gede Budiana SpOG(K).  (LE-DP)

Lenteraesai.id