judul gambar
AdvertorialBangliHeadlines

Sebanyak 30 Ribu Benih Ikan Ditebar di Sungai Sangsang, Serangkaian HUT Kabupaten Bangli

Bangli, LenteraEsai.id – Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan menebar sebanyak 30 ribu  benih ikan di aliran Sungai Sangsang di lingkungan Banjar Kawan, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli pada Kamis (5/5/2022).

Pelepasliaran benik ikan nila serangkaian HUT ke-818 Kabupaten Bangli itu, tampak dihadiri Staf Ahli Bupati Bangli Wayan Sarma, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli Made Alit Parwata, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Putu Ganda Wijaya, para pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Bangli, Camat Bangli, anggota DPRD Bangli Wayan Wedana, Lurah Kawan, Kelian Adat Banjar Kawan serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli Made Alit Parwata dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan penebaran ikan yang lebih umum disebut ‘restocking’ ini dilaksanakan dalam rangka pelestarian perikanan serta untuk memulihkan populasi ikan di perairan Sungai Sangsang. 

“Adapun jumlah ikan yang ditebar di perairan umun Sungai Sangsang hari ini sebanyak 30.000 ekor ikan nila yang diperoleh dari hasil produksi benih UPTD BBI Sidembunut, Bangli,” ujar Alit Parwata.

Ia menambahkan, adapun langkah yang telah diambil oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli dalam rangka pelestarian budidaya ikan adalah melakukan sosialisasi budidaya ikan yang ramah lingkungan, serta mengimbau penggunaan bahan/alat tangkap ikan yang ramah lingkungan dan mengaktifkan kelompok pengawas masyarakat (Pokmaswas) di masing-masing kecamatan sehingga peranserta masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan terutama lingkungan perairan menjadi semakin nyata.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Wayan Sarma yang dalam kesempatan tersebut mewakili Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bangli memiliki perhatian yang sangat besar dalam rangka pelestarian lingkungan, salah satu pelestarian lingkungan sumber daya genetik yang dilakukan dengan melaksanakan penebaran benih ikan (restoking) di perairan umum yang ada di seluruh wilayah di Kabupaten Bangli seperti danau, sungai dan di area perairan sawah. 

Wayan Sarma menyebutkan, setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan penebaran benih ikan rata-rata 300.000 ekor di sejumlah tempat atau perairan.  

“Dengan dilaksanakan restoking ini kami berharap kelestarian ikan di perairan umum di Kabupaten Bangli dapat terjaga dalam rangka pemenuhan kebutuhan konsumsi masyarakat, karena ikan adalah sebagai sumber vitamin omega 3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak termasuk perlindungan terhadap sejumlah penyakit,” katanya.

Ia mengimbau baik kepada pemerintah maupun seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan khususnya menjaga kelestarian ikan di perairan umum. 

“Lakukan penangkapan ikan dengan bahan/alat yang ramah lingkungan dan jangan menggunakan zat kimia seperti portas dan zat berbahaya lainnya, sehingga kelestarian ikan selalu terjaga,” ucap Wayan Sarma, menekankan. (LE-BL) 

Lenteraesai.id