HeadlinesKarangasem

Bahu-membahu, Warga Berhasil Padamkan Api yang Berkobar di Seraya Barat Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Sebuah kamar lengkap dengan isinya di tempat tinggal milik I Wayan Suma Arsana (31) di Banjar Dinas Selalang, Desa Seraya Barat, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem, hangus terbakar pada Sabtu, 23 April 2022 sekitar pukul 15.50 Wita.

Isi kamar berupa kasur, almari, sebuah televisi dan lain-lain, hangus dilahap si jago merah, namun tergolong mujur lidah api tidak sampai merembet ke bangunan lain karena keburu berhasil dipadamkan secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Putu Sudirga, tetangga korban yang adalah petugas Damkartan Karangasem yang hari itu giliran cuti kerja, tampak langsung mimimpin warga melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya.

Berbekal pengetahuan dan pengalaman menghadapi kobaran api, Putu Sudirga dan ‘pasukannya’ bahu-membahu dan dengan cukup terampil berhasil menjinakkan kobaran si jago merah yang mengamuk di rumah yang dihuni empat warga itu.  

Pihak kepolisian yang turun ke lokasi kejadian belum dapat memastikan penyebab timbulnya percikan api yang kemudian menjadi besar, namun dugaan sementara akibat adanya konsleting aliran listrik. Sementara kerugian yang ditimbulkan diperkirakan sebesar Rp 50 juta.

Kepala Dinas Damkartan Karangasem Siki Ngurah saat dikonfirmasi media ini membenarkan kejadian tersebut, namun pihaknya urung mengerahkan regu pemadam ke lokasi karena sudah berhasil ditangani oleh warga setempat.

“Bersyukur sudah berhasil ditangani warga, jadi kami urung datang ke lokasi musibah,” kata Siki Ngurah sembari berpesan kepada warga masyarakat untuk selalu ingat dan berhati-hati menggunakan aliran listrik, yang tak jarung menjadi penyebab timbulnya kebakaran.

“Kabel atau instalasi yang digunakan di rumah harus standar SNI, sehingga tidak mudah terjadi hubungan pendek arus listrik atau konsleting yang dapat menimbulkan percikan api,” ujarnya, mengingatkan.  (LE-Sua) 

Lenteraesai.id