judul gambar
AdvertorialBulelengHeadlines

Tunggu Rekomendasi KASN Untuk Lantik Pejabat Hasil Lelang di Buleleng

Buleleng, LenteraEsai.id – Seleksi untuk lelang jabatan empat posisi eselon dua di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali telah rampung dilakukan. Namun, untuk melantik pejabat hasil lelang jabatan tersebut masih harus menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa menyampaikan hal itu saat ditemui usai menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 di Provinsi Bali, di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Sabtu (12/3).

Sekda Suyasa menjelaskan, proses seleksi semuanya sudah rampung, sehingga kini hanya tinggal menunggu rekomendasi dari KASN. Bupati Buleleng sudah bersurat dan melaporkan hasil seleksi yang telah dilakukan pihaknya.

Jika rekomendasi sudah turun, tentu akan ditindaklanjuti dengan pelantikan pejabat yang lolos seleksi dari hasil lelang jabatan itu. “Kita sifatnya masih menunggu rekomendasi. Jika rekomendasi sudah terbit dan Pak Bupati telah menunjuk, pelantikan akan segera dilakukan,” ucapnya, menjelaskan.

Sembari menunggu rekomendasi, lanjut Sekda, pihaknya akan kembali mlakukan lelang jabatan untuk mencari orang yang akan mengisi jabatan-jabatan yang kosong. Kemungkinan ada tiga posisi setingkat eselon dua yang akan dilelang. Salah satunya adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang masih lowong sampai saat ini.

Kemudian, ada dua kepala dinas yang akan pensiun per 1 Juli 2022, yaitu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA), serta Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD).

“Tapi khusus untuk Bappeda kita apakah nanti juga lelang atau pengisian. Setelah rekomendasi KASN baru bisa dipastikan dari eselon dua mana yang mengisi Bappeda jika dilakukan pengisian. Nanti yang kosong itu yang akan diseleksi. Kita belum bisa pastikan sekarang,” ucap Suyasa.

Seperti diketahui, lelang jabatan dibuka oleh Pemkab Buleleng untuk empat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yaitu Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), serta Dinas Kebudayaan (Disbud).

Peraih nilai tertinggi seleksi pada Balitbang Inovda adalah Made Supartawan yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Bagian Pengawasan dan Humas Sekretariat DPRD. Untuk Satpol PP, peraih nilai tertinggi adalah I Gede Arya Suardana yang saat ini masih menjabat sebagai Camat Banjar.

Komang Kappa Tri Aryandono meraih nilai tertinggi untuk Badan Kesbangpol, yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah. Terakhir, untuk Disbud, nilai tertinggi diraih oleh I Nyoman Wisandika yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).  (LE-Bul1)

Lenteraesai.id