judul gambar
BulelengHeadlines

Bongkar Tembok, Pria Pegayaman Larikan Sepeda Motor Warga Alasangker Buleleng

Singaraja, LenteraEsai.id – I Nengah Agus Roian alias AR (31), pelaku yang mencuri sepeda motor dengan membongkar tembok pekarangan rumah milik korban, ditangkap pihak Polsek Singaraja dalam suatu upaya pelacakan.

AR yang penduduk Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, berhasil dilacak dan ditangkap polisi yang memburunya hingga ke wilayah Abiansemal, Kabupaten Badung.

Kapolsek Singaraja Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan ST MM kepada pers, Rabu (2/3) mengungkapkan, tersangka AR diringkus pihaknya setelah sebelumnya korban Ketut Sukiasa (66) melapor telah kehilangan sebuah sepeda motor pada 27 Januari 2022 lalu.

Honda Vario warna hitam setrip merah bernomor polisi DK-4948-UX yang diparkir di halaman rumah korban di Dusun Bengkel, Desa Alasangker, Kecamatan Buleleng, hilang dari tempatnya. Bersamaan dengan itu, korban juga menemukan bagian tembok pekarangan jebol bekas dirusak orang tak dikenal.

Berdasarkan laporan tersebut, Kapolsek Dewa Aryawan memerintahkan Kanit Reskrim Polsek Singaraja AKP IB Putu Permana DP dan Panit Opsnal Ipda Ketut Yulio Saputra STrK untuk terjun melakukan penyedidikan.

Hasil penyelidikan menemukan petunjuk bahwa orang yang telah mencuri sepeda motor DK-4948-UX di Desa Alasangker itu adalah tersangka AR, hingga kemudian yang bersangkutan berhasil diringklus petugas di daerah Abiansemal, Kabupaten Badung.

Ketika diperiksa polisi, tersangka AR mengakui perbuatannya telah mencuri sepeda motor milik sabahatnya, Sukiasa. Bahkan, sehari sebelum melakukan pencurian, AR sempat bertamu ke rumah Sukiasa.

AR juga mengaku aksi pencurian dilakukannya dengan terlebih dahulu memanjat tembok pekarangan rumah, Setelah berada di dalam pekarangan rumah yang lagi kosong karena seluruh penguninya pergi, AR kesulitan mengeluarkan sepeda motor dari halaman rumah korban.

Akhirnya tersangka AR nekat membongkar tembok pekarangan rumah korban menggunakan linggis yang ditemukan di rumah itu. Setelah bagian tembok jebol, AR membawa lari sepeda motor milik temannya untuk kemudian dijual kepada seorang kenalannya.

Guna pengusutan lebih lanjut, tersangka AR yang dapat dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, kini meringkuk di ruang tahanan Mapolsek Singaraja, ujar Kompol Dewa Aryawan menjelaskan.  (LE-BL) 

Lenteraesai.id