judul gambar
DenpasarHeadlines

‘Voluntourism’ Antarkan Dosen Universitas Dhyana Pura Raih Gelar Doktor di FP Unud

Denpasar, LenteraEsai.id – Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (FP Unud) kembali melahirkan seorang Doktor Pariwisata pada Sidang Terbuka Promosi Doktor untuk promovendus Sidhi Bayu Turker SH MPar yang dilakukan secara daring melalui Webex dan disiarkan langsung (live streaming) pada kanal youtube Udayana TV pada Jumat, (11/2).

Bertindak sebagai Ketua Sidang, Dekan Fakultas Pariwisata Dr I Wayan Suardana SST Par MPar bersama dewan penguji antara lain Prof Dr I Nyoman Darma Putra MLitt (Promotor), Prof Dr Made Budiarsa MA (Kopromotor), Prof Dr Komang Gde Bendesa MADE, Prof Dr Ir Made Antara MS, Prof Dr Ir Syamsul Alam Paturusi MSP, Dr Ir AAP Agung Suryawan Wiranatha MSc, Dr I Gusti Bagus Rai Utama SE MMA MA, dan Dr Putu Sucita Yanthy SS MPar.

Hadir pula penguji akademik antara lain Dr I Ketut Antara SSTPar MPar, Dr I Made Bayu Ariwangsa SS MPar MRech, dan Dr Nararya Narottama SE MPar MRech.

Sidang diawali dengan pemaparan disertasi oleh promovendus. Di hadapan dewan penguji, promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Voluntourism sebagai Pariwisata Alternatif dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Bali’.

Promovendus menyoroti pertumbuhan wisatawan voluntourism di seluruh dunia sebelum pandemi Covid-19 menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik. Dalam situasi kondisi pemulihan pariwisata saat ini, minat wisatawan voluntourism yang ingin melakukan liburan sambil bekerja sosial dengan sukarela tidak berkurang tetapi pembatasan dan regulasi yang ada di berbagai negara telah membatasi keinginan mereka untuk menjadi wisatawan voluntourism.

Bali sebagai destinasi wisata internasional memiliki peluang untuk mengembangkan voluntourism yang saat ini semakin berkembang sebagai produk wisata. Atas dasar tersebut, peluang pertumbuhan wisatawan voluntourism memiliki potensi yang menjanjikan dalam mendukung pertumbuhan pariwisata Bali, ujar Sidhi Bayu Turker SH MPar.  (LE-DP)

Lenteraesai.id