judul gambar
HeadlinesKarangasem

Bersama Masyarakat, BPBD Karangasem Bersihkan Material Longsor yang Tutup Jalan Raya di Bunutan

Karangasem, LenteraEsai.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem dalam beberapa hari terakhir sepertinya cukup disibukan dengan beberapa penanganan bencana alam seperti pohon tumbang dan tanah longsor.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (21/1/2022), BPBD bersama dengan masyarakat dan juga instansi terkait lainnya membersihkan material tanah longsor yang menutup sebagian akses jalan raya di Banjar Dinas Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem Putu Eka Putra Tirtana, saat dikonfirmasi mengatakan, bencama tanah longsor tersebut sebenarnya terjadi pada Rabu (19/1/2022) dan hari ini dilakukan penanganan lanjutan bersama dengan warga masyarakat.

“Hari ini kita lakukan penanganan lanjutan bersama dengan warga masyarakat dan juga instansi terkait lainnya dengan cara gotong royong dengan menggunakan peralatan manual,” ujar Eka Tirtana.

Setelah kurang lebih 3 jam melakukan penanganan, material longsoran akhirnya berhasil dibersihkan dan akses jalan sudah kembali normal seperti biasa, sehingga kini bisa lagi dilewati oleh kendaraan roda empat.

Dalam beberapa hari terakhir di beberapa daerah di Kabupaten Karangasem terjadi sejumlah bencana seperti pohon tumbang dan tanah longsor akibat cuaca ekstrem hujan deras yang disertai angin kencang.

Berkaitan dengan hal tersebut, masyarakat diimbau tetap waspada dan selalu berhati-hati bepergian ke luar rumah saat terjadi hujan deras, karena bencana alam bisa kapan saja terjadi terutama di daerah-daerah yang selama ini rawan terjadi bencana, ujarnya, mengingatkan. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id