judul gambar
HeadlinesKarangasem

Tahun 2021, Kasus DBD di Karangasem Alami Penurunan

Amlapura, LenteraEsai.id – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Karangasem selama tahun 2021 ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kasus serupa di tahun sebelumnya (2020). Bahkan penurunan kasusnya sangat drastis.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, saat dikonfirmasi di Amlapura pada Senin (13/12/2021).

“Penurunan kasusnya sangat drastis. Pada tahun 2020 yang lalu ada sebanyak 919 kasus DBD di Karangasem, sedangkan pada tahun 2021 ini hanya 153 kasus saja sampai hari ini,” kata Putra Pertama.

Sebanyak 153 kasus DBD yang terjadi itu tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem, tapi didominasi oleh Kecamatan Karangasem sebanyak 55 kasus, Kubu 25 kasus dan Manggis 21 kasus. Sedangkan kecamatan lainnya relatif landai.

Putra Pertama juga mengatakan bahwa penurunan jumlah kasus DBD untuk tahun ini tidak lepas dari program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M plus yang sudah berjalan dengan baik di Karangasem. 

“Selain itu. perilaku hidup sehat dan bersih dari masyarakat juga menjadi salah satu faktor kasus DBD di Karangasem mengalami penurunan tahun ini,” ujarnya, menjelaskan.

Program PSN dengan 3M plus yang dimaksud adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menguras, menutup dan mendaur ulang barang bekas. Ditambah dengan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, serta menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk dan lain sebagainya. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id