BadungHeadlines

Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud Gelar Pengabdian Masyarakat di Kuta Selatan

Badung, LenteraEsai.id – Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana (Unud) menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat, bertempat di aula SMP Negeri 3 Kuta Selatan, Kabupaten Badung pada Rabu, 27 Oktober 2021.

Kegiatan dihadiri oleh kepala sekolah, para guru dan siswa SMP Negeri 3 Kuta Selatan dengan jumlah peserta 30 orang lebih, yang dilakukan secara luring terbatas.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan oleh Kepala SMP Negeri 3 Kuta Selatan I Nyoman Suantana Spd Mpd, dilanjutkan pengarahan dari  Wakil Dekan III FKP I Wayan Gede Astawa Karang SSi MSi PhD, yang sekaligus juga ketua pengabdian pada masyarakat.

Wakil Dekan menekankan tujuan dari kegiatan pengabdian ini, salah satunya memberi pengetahuan umum dari penginderaan jarak jauh, serta pemanfaatan awal untuk identifikasi ekosistem pesisir seperti lamun dan mangrove, serta penggunaan GPS yang sebenarnya sudah ada pada telepon genggam seluruh siswa.

Kepala sekolah dan siswa merespon positif kegiatan ini dan mengharapkan ada kelanjutanya, sehingga para siswa menjadi lebih melek terhadap penggunaan perangkat teknologi, terlebih lagi untuk pengamatan lingkungan sekitar.

Materi pelatihan disampaikan oleh para mahasiswa FKP Unud yang sudah menekuni bidang ini sebelumnya, sekaligus sebagai ajang mahasiswa dalam menyebarluaskan pengetahuan yang diterima di bangku kuliah. Kegiatan juga diselingi dengan pemberian hadiah bagi siswa yang aktif dalam berinteraksi, sehingga suasan kegiatan menjadi sangat menyenangkan.

Di akhir kegiatan dilakukan evaluasi dengan memberikan post test kepada seluruh peserta untuk mengukur tingkat pemahaman materi yang telah diberikan kepada mereka. (LE-DP)

Lenteraesai.id