judul gambar
GianyarHeadlines

Awasi WNA dan Tertib Prokes, Petugas Imigrasi Terjun ke Wilayah Ubud Gianyar

Gianyar, LenteraEsai.id – Tim Pengawasan Orang Asing dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar terjun melaksanakan Pengawasan Keimigrasian dan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan dalam masa pandemi Covid- 19 di kawasan Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Sabtu (4/9).

Titik pertama yang didatangi anggota tim yang berjumlah 10 orang itu, adalah sepanjang Jalan Raya Sanggingan Ubud.  Di lokasi itu petugas selain melaksanakan pengawasan keimigrasian, juga memberikan imbauan kepada orang asing yang berkativitas di jalanan tersebut.

Imbauan yang disampaikan adalah mengenai pentingnya menjaga protokol kesehatan di masa pandemi seperti memakai masker dengan baik dan benar, selalu mencuci tangan, dan juga tetap menjaga jarak saat beraktivitas.

Imbauan  serupa juga disampaikan kepada para pemilik kafe atau restaurant untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan usahanya. Tidak terlihat atau ditemukan adanya indikasi pelanggaran peraturan keimigrasian serta pelanggaran protokol kesehatan, baik oleh orang asing maupun pemilik kafe atau restaurant.

Selanjutnya titik kedua dari giat Pengawasan Keimigrasian dan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan, dilaksanakan di kawasan yang dikenal sebagai jantung Ubud, di mana aktivitas dan lalu lalang orang asing pada siang itu cukup tinggi, terutama di sekitar Jalan Karna dekat Puri Ubud dan Pasar Seni Ubud. Tim menyasar pemilik restaurant dan juga orang asing yang beraktivitas di sepanjang jalan.

Di tempat itu juga para pemilik restaurant atau kafe dan orang asing diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan pada operasionalnya. Tim juga mengimbau orang asing untuk memperhatikan masa berlaku izin tinggalnya wilayah di Kecamatan Ubud.

Hasil dari giat Pengawasan Keimigrasian dan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di beberapa tempat tersebut, tim tidak menemukan pelanggaran, baik menyangkut keimigrasian ataupun protokol kesehatan.

Meskipun demikian, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Jamaruli Manihuruk tetap mengimbau pemilik tempat usaha di kawasan tersebut untuk selalu dapat menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Sementara kepada segenap warga masyarakat di Provinsi Bali, Kakanwil Jamaruli mengharapkan dapat melakukan kerja sama dalam mengawasi pelanggaran yang dilakukan oleh warga negara asing di daerahnya masing-masing.  (LE-GN) 

Lenteraesai.id