judul gambar
HeadlinesKarangasem

Laboratorium Kesehatan Karangasem Masih Kekurangan Tenaga Penunjang

Karangasem, LenteraEsai.id – Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Karangasem yang sudah beroperasi sejak bulan Januari 2021 lalu, saat ini masih kekurangan beberapa tenaga penunjang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama saat dikonfirmasi, Minggu (29/8/2021) mengatakan, tenaga di laboratorium kesehatan kini berjumlah tujuh orang yang terdiri atas kepala laboratorium, analis kesehatan dan dokter penanggung jawab.

“Saat ini, kami memang kesulitan tenaga karena hanya ada tujuh tenaga saja, dan belum ada dokter penanggung jawab definitif. Masih petugas Puskesmas yang definitif kami tugaskan di laboratorium kesehatan sebagai tenaga tambahan agar ada dokter penanggungjawabnya,” kata Putra Pertama.

Putra Pertama mengatakan bahwa laboratorium tersebut melayani pemeriksaan penunjang diagnosis klinis hingga kesehatan masyarakat dan rencananya lab tersebut akan dibuka selama 24 jam. Karenanya, dibutuhkan lagi tenaga tambahan.

“Saya berharap kebutuhan tenaga kesehatan bisa terisi melalui perekrutan CPNS tahun ini. Karena pelayanan laboratorium ini harus optimal,” kata Putra Pertama, menandaskan.

Putra Pertama menambahkan untuk pengadaan alat kesehatan di laboratorium tersebut  melalui alokasi dana dari Kementerian Kesehatan sebesar Rp1,9 miliar yang meliputi alat pemeriksaan kimia, cool box, dan lainnya. 

“Nanti kami juga berencana akan membuka layanan pemeriksaan Covid-19 berupa tes swab antigen,” ucap Putra Pertama, mengungkapkan.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id