judul gambar
HeadlinesKarangasem

Karisma Dewi Siswa SD Asal Karangasem Raih Juara II Lomba Bercerita se-Bali

Karangasem, LenteraEsai.id – Ni Putu Ayu Karisma Dewi siswi kelas V SDN 4 Pertima berhasil membanggakan Kabupaten Karangasem setelah berhasil meraih juara II lomba bertutur (bercerita) tingkat SD se-Provinsi Bali 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (28/7).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem I Wayan Astika, saat dikonfirmasi, Kamis (29/7) mengaku sangat bangga dan mengapresiasi serta menyampaikan terima kasih kepada sekolah dan pembinanya atas prestasi anak-anak yg sungguh sangat luar biasa. Walaupun belum bisa sampai pada puncak sebagai juara I se-Bali. 

“Pada hakikatnya lomba bertutur ini dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan anak terhadap budaya lokal, sekaligus upaya membangun karakter, kecerdasan, kreativitas, dan inovasi generasi muda,” kata Wayan Astika. 

Selain itu, lomba ini juga untuk mendukung upaya pelestarian dan pengembangan pesan-pesan serta nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita sebagai salah satu kekayaan bangsa.

Ni Putu Ayu Karisma Dewi berhasil mewakili Kabupaten Karangasem ke tingkat Provinsi Bali,  setelah sebelumnya berhasil meraih juara I lomba bercerita tingkat kabupaten dengan mengungguli 12 peserta lainnya pada bulan Juni yang lalu. 

Dalam perlombaan tersebut, para peserta hanya memilih 1 dari 2 materi atau judul cerita rakyat  yang ditetapkan oleh panitia yaitu cerita I Nengah Jimbaran dan I Ceker Cipak. Dan Karisma Dewi memilih cerita I Nengah Jimbaran untuk dibawakan dan memilih Aula Dispustaka Kabupaten Karangasem sebagai latar saat mengikuti lomba.

“Aspek penilaian peserta lomba meliputi teknik bertutur, penguasaan materi, kemampuan atau skill dengan durasi waktu 15 menit,” kata Wayan Astika. 

Karisma Dewi yang bercita-cita ingin menjadi seorang dokter tersebut merupakan putri dari pasangan I Made Sudiarsa dan Ni Wayan Purnayanti juga dikenal memiliki beberapa prestasi seperti juara I lomba bercerita yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, juara III melukis tingkat Kabupaten Karangasem dan juara I di kelasnya. 

Sementara itu, untuk juara I dan III lomba bercerita tingkat Provinsi Bali diraih oleh Made Anggun Eza Putri dari wakil Kabupaten Klungkung dengan judul cerita I Ceker Cipak sebagai juara I dan Ni Wayan Erni Purwantini peserta dari Kabupaten Gianyar juga memilih judul cerita I Ceker Cipak sebagai juara III. (LE-Jun)

Lenteraesai.id