judul gambar
AdvertorialHeadlinesKarangasem

Ny Putri Koster Ajak Masyarakat Karangasem Kreatif Kembangkan Potensi Daerah

Karangasem, LenteraEsai.id – Karangasem menjadi kabupaten keempat yang dikunjungi Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster pada Senin (28/6) serangkaian program PKK Menyapa dan Berbagi.

Kegiatan yang digelar di Banjar Dinas Linggawana, Desa Kertha Mandala, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Ny Putri Koster dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya Kabupaten Karangasem mempunyai potensi, baik berupa kekayaan alam maupun hasil perkebunan dan pertanian. Jika digarap dengan baik akan bisa menjadi sumber kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Sehubungan dengan itu, ia mengingatkan, banyaknya lahan kosong yang belum digarap secara maksimal perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak, sehingga lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya istri Gubernur Bali Wayan Koster akrab disapa Bunda Putri ini menyontohkan bunga padang kasna yang tumbuh subur di bagian lereng Gunung Agung di Desa Temukus, yang memilki potensi luar biasa untuk dikembangkan menjadi ikon kota di Karangasem, serta dapat dikelola dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ada juga ubi kayu ketela rambat serta hasil lainnya.

“Banyak potensi yang bisa kita kembangkan di Kabupaten Karangasem ini. Kita semua perlu bekerja sama dan kreatif dalam mengolah sumber-sumber potensial tersebut. PKK melalui UP2K bisa mengembangkan potensi yang ada ini, buat program unggulan yang disesuaikan dengan potensi yang ada di masing masing daerah, semua komponen bersinergi wujudkan kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga memberi perhatian serius terhadap kualitas kesehatan lansia, ibu hamil serta balita. Menurutnya, keberadaan lansia di tengah masyarakat perlu mendapat perhatian dari semua pihak, sehingga tidak ada lansia yang hidupnya terlantar. Demikian pula halnya dengan balita dan ibu hamil. Pemenuhan kebutuhan gizi bagi balita dan ibu hamil sangatlah penting mengingat ibu hamil yang sehat akan dapat melahirkan bayi bayi yang sehat pula. Bayi yang sehat nantinya akan tumbuh menjadi balita yang sehat, jauh dari kondisi stunting sehingga ke depannya mereka akan bisa menjadi generai muda harapan bangsa yang tangguh, sehat dan menjadi pemimpin masa depan.

“Mari kita rawat dengan baik para penglisir kita (lansia), kita penuhi gizi dari ibu hamil dan juga anak-anak balita. Kita bangun generasi yang tangguh, kuat dan sehat dan bisa menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang,” ajaknya.

Pada akhir sambutannya, Bunda Putri juga tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk selalu patuh dan taat akan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Masyarakat diingatkan tidak abai akan protokol kesehatan serta imbauan pemerintah sehingga pandemi dapat diatasi bersama.

Tampak hadir pada acara tersebut, antara lain Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem Ny Nuriasih Gede Dana, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bali Luh Putu Sukarini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali dan Pemkab Karangasem, Camat Abang serta pengurus PKK Provinsi Bali dan Kabupaten Karangasem.

Pada kesempatan itu juga diserahkan sejumlah bantuan kepada para lansia, balita, ibu hamil, disabilitas serta kader PKK berupa bantuan kursi roda, paket susu bagi ibu hamil dan balita, beras, serta pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis dari Rumah Sakit Mata Bali Mandara.

Tak ketinggalan kegiatan pada siang hari itu juga diisi dengan pertunjukkan kesenian rakyat Bondres Sepit Puun (Denok) yang turut mensosialisasikan prokes pencegahan Covid-19 serta kebijakan pemerintah seperti pengurangan sampah plastik, pengolahan sampah berbasis sumber serta penggunaan bahasa Bali dan kain tenun asli buatan para perajin Bali. (LE-KR1)

Lenteraesai.id