judul gambar
HeadlinesKarangasem

Warga Tinjalas Karangasem Kumpulkan Dana Secara Swadaya Untuk Perbaiki Jalan Rusak

Karangasem, LenteraEsai.id – Puluhan warga Banjar Dinas Tinjalas, Desa Seraya Timur, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem berinisiatif mengumpulkan dana secara swadaya untuk memperbaiki jalan yang rusak selama bertahun-tahun di daerah tersebut.

Kadek Nista, salah satu warga setempat, saat dihubungi, Selasa (1/6/2021) mengatakan ruas jalan yang mengalami kerusakan kurang lebih sejauh 2 km, yang merupakan penghubung antara Banjar Dinas Tinjalas menuju Banjar Dinas Bukit Catu dan jalan tersebut juga menuju ke Pura Maspait Majapahit.

“Karena jalan tersebut merupakan jalan kabupaten sehingga dari pihak desa tidak bisa membantu secara maksimal sehingga masyarakat setempat berinisiatif mengumpulkan dana untuk melakukan penambalan agar bisa dilalui oleh kendaraan,” kata Kadek Nista.

Kadek Nista menambahkan untuk perbaikan jalan tersebut pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan salah satu anggota dewan yang ada di sana yaitu I Wayan Pura Arnawa. Saat ditemui, anggota DPRD Karangasem mengatakan jalan itu merupakan jalan prioritas perbaikan untuk tahun ini tapi karena situasi pandemi Covid-19 sehingga dana tersebut dialihkan terlebih dahulu untuk penanganan Covid-19.

“Dalam perbaikan jalan tersebut kami juga mendapat support dan motivasi dari Bapak Pura Arnawa sekaligus kami dibantu langsung berupa material penambalan sehingga perbaikan jalan ini bisa cepat terlaksana,” kata Kadek Nista.

Sementara itu, I Wayan Pura Arnawa, saat dihubungi mengaku memang ikut membantu berupa material untuk penambalan jalan tersebut tapi hanya sebagian kecil saja karena sebagian besar merupakan hasil pengumpulan dari masyarakat di sana secara swadaya.

Pura Arnawa juga sangat berharap agar pandemi Covid-19 ini cepat bisa diatasi dan secepatnya berakhir sehingga infrastruktur jalan khususnya yang ada di pelosok desa Kabupaten Karangasem bisa diperbaiki secepatnya.

“Saya juga berharap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Karangasem dalam pemerintahan era baru Bupati Gede Dana bisa lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya agar bisa memperbaiki infrastruktur jalan yang ada di pelosok desa seperti di Desa Seraya Timur ini,” kata Pura Arnawa.

Sedangkan Kelian Banjar Dinas Tinjalas I Wayan Direng saat dihubungi terpisah mengatakan bahwa perbaikan jalan tersebut masih tetap berlanjut dan dirinya juga sudah bertemu dengan masyarakat di sana untuk minta klarifikasi.

“Dari hasil pertemuan tersebut masyarakat yang melakukan perbaikan jalan secara swadaya tidak ada maksud untuk menyinggung pemerintah, karena itu murni dari hati untuk berswadaya agar jalan yang mengalami kerusakan bisa diperbaiki dan bisa dilalui oleh kendaraan,” kata Direng.

Direng juga mengaku sudah pernah mengusulkan terkait jalan yang rusak tersebut lewat desa dan desa meneruskan ke kabupaten untuk mendapat perbaikan, dan tahun ini dikatakan akan mendapat perbaikan tapi karena situasi pandemi Covid-19 dana tersebut harus dialihkan dulu untuk penanganan Covid-19.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id