HeadlinesKarangasem

Celingukan Tak Bawa Surat Jalan, Warga NTB Disuruh Putar Balik dari Padangbai

Karangasem, LenteraEsai.id – Petugas yang berjaga di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem memulangkan seorang pemuda bernama Haerul Imam (20) asal Kabupaten Dompu, NTB yang mengaku sebagai salah satu karyawan di salah satu perusahaan pengiriman barang, Senin (10/5).

Dari hasil pantauan di lapangan, awalnya petugas melakukan pemeriksaan satu persatu terhadap kendaraan yang turun di Pelabuhan Padangbai. Saat melakukan pemeriksaan terhadap salah satu mobil box, petugas mencurigai karena mobil tersebut mengangkut tiga orang dalam satu mobil, padahal aturannya hanya boleh ada dua orang saja dalam satu mobil yaitu sopir dan kenek.

Saat ditanya, dua orang mengaku sebagai sopir dan kenek sedangkan yang satunya atas nama Haerul Imam mengaku sebagai karyawan dari salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang ditugaskan untuk melakukan pengiriman barang ke Bali. 

Akan tetapi, saat disuruh menelpon ke kantornya untuk memastikan apakah benar ia ditugaskan dari perusahaan untuk melakukan pengiriman barang ia hanya celingak-celinguk dan memberikan jawaban plinplan yang membuat petugas semakin curiga. Saat itu ia juga tidak membawa surat hasil rapid test antigen.

Setelah didesak oleh petugas yang berjaga, akhirnya ia mengaku sebagai penumpang titipan dan tujuannya ke Bali mengaku hendak berobat untuk bisa mengikuti tes masuk TNI. Tapi saat ditanya kembali apakah ada surat jalan dari kantor desa, ia mengaku tidak ada.

“Karena tidak ada surat jalan maupun surat hasil rapid test antigen, akhirnya kita putuskan untuk mengembalikan yang bersangkutan kembali ke Pelabuhan Lembar, NTB untuk kembali pulang ke daerah asalnya,” kata salah satu petugas gabungan yang berjaga di Pelabuhan Padangbai saat itu, Aiptu Putu Suparta. (LE-Jun)

Lenteraesai.id