HeadlinesKarangasem

Video Mesum Gunung Batur Viral, Pengurus Pura Pasar Agung Pasang Rambu Peringatan

Karangasem, LenteraEsai.id – Pengurus Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem mengambil langkah-langkah antisipasi sehubungan munculnya kabar tentang adanya pelancong yang berbuat tak senonoh di wilayah yang disucikan umat Hindu di Bali.

Kabar tersebut beredar lewat video yang sempat viral di media sosial yang menggambarkan dua pelancong atau pendaki lelaki dan wanita berbuat tidak senonoh di kawasan suci Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Untuk menangkal terjadinya hal serupa di kawasan Pura Pasar Agung Desa Sebudi yang terletak di bagian lereng Gunung Agung, pengurus pura setempat melakukan langkah antisipasi, antara lain dengan memasang papan peringatan bagi para pelancong untuk tidak berbuat mesum di kawasan suci Gunung Agung. 

Dalam waktu dekat pengurus Pura Pasar Agung akan memasang rambu atau papan peringatan bagi para pendaki untuk tidak melakukan perbuatan yang pantrang dilakukan di kawasan suci.

“Kami tidak ingin hal yang sama terjadi di kawasan suci Gunung Agung, terlebih di sekitar Pura Pasar Agung,” kata I Wayan Suara Arsana selaku Humas Pura Pasar Agung, saat dikonfirmasi, Jumat (23/4).

Selain memasang rambu atau papan peringatan, Suara Arsana menyebutkan bahwa pihaknya juga akan segera berkoordinasi dengan para guide lokal serta membuat formulasi untuk mengatur aktivitas pendakian di Gunung Agung.

“Kita akan segera berkoordinasi dengan guide lokal serta akan memasang rambu peringatan di titik-titik tertentu, dengan harapan para pelancong atau pendaki Gunung Agung dapat mengurungkan niatnya melakukan hal-hal yang tidak semestinya di kawasan Gunung Agung,” ujar Suara Arsana, menandaskan.

Suara Arsana yang juga Sekretaris Pasebaya Agung itu menyebutkan,  Gunung Agung merupakan wilayah yang sangat disakralkan. “Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pastinya yang repot itu pengempon pura bukan orang lain,” katanya.

Dalam beberapa hari ini, media sosial diramaikan tayangan video dua pendaki Gunung Batur yang diduga warga negara asing, tergambar melakukan adegan yang layak sensor di kawasan Gunung Batur yang termasuk wilayah yang disucikan umat Hindu di Bali.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id