judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Ny Putri Koster Ajak Masyarakat Jadi Konsumen yang Cerdas

Denpasar, LenteraEsai.id – Ketua TP PKK Provinsi Bali yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster mengajak masyarakat untuk bisa menjadi konsumen yang cerdas dalam berbelanja, teliti dalam membeli, paham akan hak-haknya selaku konsumen, serta memperhatikan kualitas dari suatu produk yang dibelinya.

Demikian disampaikan Ny Putri Koster saat menjadi salah satu narasumber dalam dialog interaktif ‘Apa Kabar UMKM Bali’ yang disiarkan langsung dari Stasiun TVRI Bali di Denpasar, Kamis (22/4).

Lebih jauh wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini menyampaikan keberadaan konsumen dan produsen sama-sama memegang peran yang sangat penting dalam roda perekonomian. Tidak hanya konsumen yang harus berbelanja secara teliti serta membeli produk berkualitas, produsen juga diharapkan bersikap jujur dalam menjual produknya dan menawarkan dengan harga yang sewajarnya. Dengan demikian, akan tumbuh kepercayaan dalam diri konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh produsen.

“Produsen dalam hal ini para perajin harus bisa bersikap jujur akan kualitas dari produk yang dijual serta memberi harga yang sewajarnya. Demikian juga halnya dengan pembeli, jangan asal mencari harga yang murah, tanpa memperhatikan kualitas serta keaslian suatu produk. Pembeli harus bisa cerdas dan berdaya sehingga hak-hak pembeli dan kewajiban produsen dapat terpenuhi,” ujarnya.

Pendamping orang nomor satu di Bali ini juga meminta agar para produsen, khususnya para perajin, dapat merangkul pasar konsumen lokal. Di mana saat perajin mengeluarkan suatu produk agar memasarkan terlebih dahulu di pasar lokal, dengan demikian akan tumbuh rasa cinta serta kebanggaan bagi para konsumen bisa menggunakan produk yang dihasilkan langsung oleh para perajin.

“Pemerintah berkomitmen tinggi dalam melindungi hak konsumen dan konsumen juga diharapkan lebih cerdas dalam berbelanja. Produsen maupun konsumen adalah dua sisi yang saling menguatkan. Untuk itu, pahami hak dan kewajiban masing-masing sehingga ekonomi yang kuat akan tumbuh, ” katanya, menekankan.

Dalam dialog interaktif yang mengangkat tema ‘Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju’ yang diselenggarakan serangkaian peringatan Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada tanggal 20 April, juga menghadirkan dua narasumber lain, yaitu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali Wayan Jatra serta I Ketut Westra selaku akademisi ilmu hukum dari Universitas Udayana.  (LE-DP1)

Lenteraesai.id