judul gambar
HeadlinesKarangasem

Dirongrong Air Hujan, Bangunan Bengkel Amblas di Dusun Peladung Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Akibat terus-menerus dirongrong air yang mengalir lewat selokan sejak hujan turun deras beberapa hari ini, telah membuat bangunan bengkel milik I Ketut Subrata di kawasan Dusun Peladung, Kelurahan Padang Kertha, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem amblas pada Kamis (21/1/2021).

Bangunan berukuran 15×7 meter beratap asbes dengan rangka kayu dan besi, ambruk ke dasar sungai yang ada di samping bengkel. Masalahnya, bangunan tersebut berdiri di atas tebing sungai berketinggian sekitar 27 meter dari permukaan air sungai.

Ni Putu Adi Susanti yang merupakan istri pemilik bengkel mengatakan, bangunan bengkel miliknya yang berumur sudah lebih dari 23 tahun, baru saat ini mengalami kerusakan. 

“Memang karena letak lahan yang berdampingan dengan aliran sungai yang mengakibatkan seperti ini, terlebih lagi belakangan sering dirongrong air hujan yang mengalir dari sebelah bengkel,” ucapnya.

Padahal, kata Susanti, dua hari lalu dirinya bersama suami serta pihak subak dan bendesa setempat, sempat mengecek kondiri bangunan bengkel yang terus terongrong arus air hujan yang cukup deras. “Namun karena alam yang berkehendak, kami tidak bisa berbuat apa,” ujar Susanti.

Dengan kondisi ini, ia mengaku merugi sampai ratusan juta rupiah, karena ada barang seperti sepeda motor di lokasi kejadian. Ada empat unit sepeda motor yakni jenis King, Scoppy, Vario, dan Jupiter MX, ada mesin cuci, dan banyak barang-barang lainnya, termasuk bangunan yang cukup permanen yang kini ambruk.

“Dari empat sepeda motor tersebut ada milik saya pribadi ada juga milik karyawan. Itu kejadiannya pas ketika tidak ada aktivitas di lokasi bangunan yang jebol,” ungkapnya.

Untuk selanjutnya ia berharap semoga ada pihak dari dinas terkait untuk  membantu upaya pembersihan di sini, di samping itu ia juga akan mengupayakan alat berat dalam proses pembersihannya nanti.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id