HeadlinesKarangasem

Awal Tahun, 2 Pasien Berstatus Probable Covid-19 Dimakamkan di Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Awal tahun 2021, tepatnya pada Sabtu (2/1/2021) siang, Satgas Covid-19 Kabupaten Karangasem melakukan pemakaman terhadap 2 pasien yang meninggal dunia dengan diagnosa probable Covid-19.

Pemakaman dengan mengerahkan petugas mengenakan busana dan alat pelindung diri (APD) yang lengkap, dilakukan di 2 kuburan terpisah yakni di Setra Desa Adat Selumbung dan TPU Muslim Kecicang, Kabupaten Karangasem.

Kedua pasien tersebut adalah Ni Nyoman Yuni asal Banjar Dinas Tengah, Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, dan Rizkiatul Ula asal Banjar Dinas Kecicang Islam, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem.

Pada proses pemakaman itu, baik petugas Satgas Covid-19 yang diterjunkan maupun pihak keluarga yang ambil bagian dalam membantunya, terlihat  masing-masing menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Tampak hadir pada kedua prosesi pemakaman tersebut, antara lain beberapa pejabat dari BPBD Karangasem, Babinsa, Babinkamtibmas, Satpol PP, kepala desa, staf kecamatan dan pihak keluarga serta kerabat kedua pasien yang meninggal dunia dengan probable Covid-19.

Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, meskipun kedua pasien masih berstatus probable Covid-19, yang artinya belum menunjukkan status positif atau negatif Covid-19, tapi pemakamannya tetap menggunakan protokol kesehatan karena kedua pasien tersebut sebelum meninggal dunia terindikasi mengalami gejala seperti pasien Covid-19.

“Pelaksanaan pemakaman kedua pasien tadi berjalan dengan baik dan lancar, juga dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi setiap orang yang hadir di lokasi pemakanan,” ungkapnya, menjelaskan.¬† (LE-Jun)

Lenteraesai.id