judul gambar
DenpasarHeadlines

Desa Dauh Puri Kauh Akan Ambil Langkah Tegas Jika Ada Warga Bandel Terapkan Prokes

Denpasar, LenteraEsai.id – Sebagai upaya keberlanjutan untuk mengugah peningkatan kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes), Desa Dauh Puri Kauh kembali menggalar patroli dialogis, monitoring, sosialisasi dan edukasi penerapan disiplin Prokes cegah Covid-19.

Kegiatan yang digelar rutin pada setiap Sabtu malam dengan melibatkan unsur Babinsa, Babinkamtbmas serta Linmas itu, menyasar seluruh wilayah Desa Dauh Puri Kauh.

Perbekel Desa Dauh Puri Kauh I Gusti Made Suandhi di sela kegiatan menjelaskan bahwa sosialisasi dan edukasi penerapan disiplin serta penegakan hukum protokol kesehatan cegah Covid-19 pada tatanan kehidupan era baru tertuang dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 48 Tahun 2020. Di mana hal ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, sehingga upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dapat dimaksimalkan.

“Jadi pada intinya kami ingin masyarakat yang saat ini sudah disiplin, agar lebih ditingkatkan lagi, sehingga pencegahan penyebaran virus dapat dioptimalkan, dan kita bersama tetap bisa produktif di masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, mulai bergeliatnya perekonomian memang sedikit banyak memberikan dampak terhadap terjadinya kerumunan. Namun demikian, fokus petugas bukanlah untuk melarang masyarakat berjualan atau berusaha, melainkan menegakkan disiplin protokol kesehatan guna mendukung pencegahan penularan Covid-19.

“Tujuan kami adalah melakukan pembinaan, sosialisasi protokol kesehatan. Harapan kami agar warga dalam melakukan aktivitas dan kegiatan dapat mengedepankan Prokes dan kepada warga pemilik lahan agar juga mengambil peran dan berpartisipasi dalam upaya pencegahan Covid-19,” ujarnya.

“Hari ini  kami masih belum melakukan penindakan. Namun jika nanti ada warga yang kembali melakukan pelanggaran, akan kami ambil langkah tegas dengan berkordinasi bersama Satpol PP Kota Denpasar,” katanya, menandaskan.

Dikatakanya bahwa kegiatan semacam ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga masyarakat dapat terbiasa dalam menerapkan protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak. “Jadi ini mulai dari diri sendiri, untuk melindungi diri, keluarga dan sesama,” ujarnya.

Ia menambahkan, Desa Dauh Puri Kauh bersama Satgas akan terus melaksanakan sosialisasi, monitoring, edukasi dan pemantauan rutin. Sehingga masyarakat tidak sampai lengah. Hal ini mengingat pola persebaran Covid-19 belakangan ini mengalami tren peningkatan. Selain itu, masyarakat harus saling bahu membahu dan saling mengingatkan antarsesama, sehingga Covid-19 dapat dihindari.

“Jadi mari bersama-sama mendukung percepatan penanganan Covid-19. Menggunakan masker bukan menghindari denda, tapi melindungi diri dan sesama,” katanya, mengingatkan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id