HeadlinesKarangasem

BNNK Karangasem Tes Urine Pejabat Struktural dan Petugas Keamanan Lapas

Karangasem, LenteraEsai.id – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karangasem melakukan tes urine kepada sejumlah pejabat struktural dan petugas keamanan di Lapas Kelas II B Karangasem, Selasa (13/10) pagi.

Kalapas Kelas II B Karangasem Jaka Prihatin mengatakan, setidaknya ada sekitar 25 orang dari unsur pejabat struktural dan petugas keamanan di Lapas Karangasem yang telah menjalani tes urine.

“Saat ini khusus untuk pejabat struktural dan sebagian petugas kemanan dengan target 25 orang pegawai. Karena situasi Covid-19, tes harus dibatasi, nanti sisanya akan dilaksanakan pada periode berikutnya,” kata Jaka Prihatin.

Ia menyebutkan tes urine dilakukan sebagai salah satu langkah atau upaya pencegahan dan penanggulangan masuknya barang terlarang ke lingkungan pegawai Lapas Kelas II B Karangasem.

Meski seluruh hasil tes urine negatif, namun apabila dalam perjalanannya nanti ditemukan ada pegawai yang positif, maka akan langsung disampaikan kepada pimpinan. Apabila jika terkait dengan ranah hukum, pihaknya akan bersinergi dengan BNNK Karangasem.

Di Lapas Kelas IIB Karangasem sendiri sejauh ini setidaknya ada 70 tahanan kasus narkotika. Diakui Jala Prihatin bahwa dengan jumlah tersebut bisa dikatakan cukup rawan. Selain tes urine, pihaknya juga melakukan pengawasan dengan pengeledahan.

Sementara itu, Kepala BNNK Karangasem Kompol La Muati dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi komitmen dari Kalapas dan staf atas pelaksaan tes urine tersebut.

“Kegiatan ini sesui dengan implementasi Pertauran Presiden Nomor 2 Tahun 2020, yang menekankan seluruh kementerian lembaga dan pemerintahan daerah supaya melakukan langkah pencegahan seperti yang dilakukan Kalapas hari ini,” ujarnya, menjelaskan.  (LE-KR6)

Lenteraesai.id