judul gambar
AdvertorialHeadlinesKarangasem

Hujan Deras, Akses Jalan Pering Sari Karangasem Tertutup Tanah Longsor

Karangasem, LenteraEsai.id – Hujan yang turun cukup lebat telah menimbulkan bencana tanah longsor pada sebuah tebing di wilayah Dusun Umasari Kauh, Desa Pering Sari, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Kamis (1/10) pagi.

Material longsoran yang terdiri atas tanah merah bercampur bebatuan dan ranting-ranting pepohonan itu, menutup akses jalan yang menghubungkan antardusun di desa tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa ketika dihubungi membenarkan telah terjadi bencana tanah longsor di wilayah Dusun Umasari Kauh, Desa Pering Sari pascaturunnya hujan yang cukup deras.

Longsor tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka, terkecuali mengurug sebagian ruas jalan di daerah itu hingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas, ucapnya.

Arimbawa menyebutkan bahwa pihaknya telah menurunkan petugas ke lokasi musibah guna membersihan sebagian material longsoran yang menimbun jalan raya.

Tim TRC BPBD Karangasem bersinergi dengan PUPR Karangasem, Babinsa, Babinkamtibmas, perangkat dan satgas desa, Perbekel, Kawil dan masyarakat setempat, berusaha menyingkirkan material yang menutupi akses jalan tersebut.

Namun, kata Arimbawa, sehubungan hari ini warga masyarakat akan melakukan persembahyangan ‘Purnama Kapat’, maka pembersihan material longsoran secara menyeluruh akan dilanjutkan esok hari.

“Saat ini baru hanya dilakukan penyingkiran material pada separuh badan jalan saja, agar kendaraan bermotor roda dua bisa lewat,” kata Kalaksa BPBD Karangasem sembari menambahkan, untuk yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat dapat menempuh jalur alternatif yang ada di daerah itu.   (LE-KR)

Lenteraesai.id