judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Gubernur Koster Resmi Berlakukan Tahap Pertama Tatanan Kehidupan Era Baru di Pulau Dewata

Denpasar, LenteraEsai.id – Provinsi Bali memulai tahapan pertama menuju Tatanan Kehidupan Era Baru (TKEB). Tahapan ini ditandai dengan pelepasan rombongan mobil kuno untuk melakukan ‘Road to penerapan Tatanan Kehidupan Era Baru Provinsi Bali’.

Gubernur Bali Wayan Koster melepas keberangkatan rombongan mobil kuno tersebut di halaman Kantor Gubernur Bali di Denpasar, Kamis (9/7) pagi.

Puluhan mobil kuno yang ambil bagian dalam konvoi yang dipimpin Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati itu, bergerak untuk  melakukan sosialisasi tentang protokol TKEB ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Karangasem, Buleleng dan Kabupaten Tabanan.

Dalam sambutannya Gubernur Koster mengatakan, sesuai dengan rencana yang telah diputuskan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bali serta GTPP kabupaten/kota se-Bali dan anggota Forkopimda, pada hari ini tanggal 9 Juli 2020 Provinsi Bali mulai melakukan aktivitas dalam rangka pelaksanaan TKEB sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali era Baru. 

“Hari ini adalah hari yang baik, kita memulai dengan tahap pertama, yaitu pelaksanaan aktivitas masyarakat hanya untuk lokal masyarakat Bali, yaitu pada 9 Juli 2020 bertepatan dengan Hari Kamis Wrespati Umanis Sinta. Hari baik yang telah kita pilih bersama-sama,” ujar Gubernur Koster.

Ia mengatakan sangat mendukung kegiatan sosialisasi yang diprakarsai oleh Perwakilan Bank Indonesia  (BI) Provinsi Bali. Bahkan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati  langsung memimpin acara sosialisasi ke beberapa kabupaten di Pulau Dewata. 

Semoga masyarakat Bali dapat dengan baik melaksanakan aktivitas mulai hari ini secara resmi sesuai dengan protokol Tatanan Kehidupan Era Baru. Ia berharap agar seluruh komponen masyarakat bersama-sama melaksanakannya dengan tertib dan sukses seraya berdoa agar semua tahapan ini mendapat restu, izin serta tuntunan dan bimbingan dari Sang Hyang Widhi Wasa.

Di saat Wagub Bali dan rombongan melakukan roadshow ke Karangasem, Buleleng dan Tabanan, Gubernur Bali Wayan Koster juga melakukan peninjauan lapangan guna memantau penerapan protokol Tatanan Kehidupan Era Baru di tiga objek wisata yang terletak di tiga kabupaten berbeda.

Kunjungan pertama dilakukan Gubernur Koster ke objek wisata Taman Safari Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar, kemudian dilanjutkan munuju Museum Kerta Gosa di Kabupaten Klungkung, dan terakhir ke obyek wisata pusat perbelanjaan Beachwalk di Kabupaten Badung. 

Di tiga obyek wisata tersebut Gubernur Koster benar-benar memastikan protokol kesehatan sudah dijalankan dengan baik, mulai dari sebelum masuk objek hingga pelaksanaan atau aktivitas di dalam obyek wisata.

Saat berada di pusat perbelanjaan, Gubernur Koster juga terlihat masuk ke beberapa tenant untuk berbincang langsung dengan pelaku usaha tentang protokol kesehatan yang dijalankan di tempat tersebut. Dari hasil pengamatan, secara umum objek-objek wisata tersebut tampak sudah siap melaksanakan protokol kesehatan Tatanan Kehidupan Era Baru.

Seperti diketahui, pelaksanaan Tatanan Kehidupan Era Baru terbagi dalam tiga tahap, yakni tahap pertama tanggal 9 Juli aktivitas untuk masyarakat lokal. Selanjutnya tahap kedua tanggal 31 Juli aktivitas diperluas untuk sektor pariwisata dengan melibatkan wisatawan Nusantara.

Jika kedua tahapan itu bisa berjalan lancar, tahap ketiga tanggal 11 September 2020 akan dibuka untuk wisatawan mancanegara. “Semua ini akan dievaluasi pada setiap tahap dan kita berharap semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan rencana,” kata Gubernur yang juga Ketua DPD PDI Perjungan Bali.

Tampak hadir dalam peninjauan lapangan bersama Gubernur tersebut, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose, Danrem 163/Wirasatya Brigjen TNI Husein Sagaf, Sekda Pemprov Bali Dewa Made Indra, dan para bupati di lokasi yang dituju.  (LE-DP1)

Lenteraesai.id