judul gambar
DenpasarHeadlines

Relawan Banjar Karangsari Kompak Semprotkan Disinfektan Cegah Covid-19

Denpasar, LenteraEsai.id – Sejumlah warga Banjar Karangsari, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar yang tergabung dalam ‘Relawan Covid-19’, kompak terjun melakukan aksi penyemprotan disinfektan pada Jumat, 8 Mei 2020.

Para relawan yang terdiri atas Sekeha Taruna Taruni, tokoh masyarakat dan pecalang itu bersatu-padu melakukan gerakan untuk mencegah penularan Virus Corona di lingkungan Banjar Karangsari.

Koordinator dalam pelaksanaan aksi penyemprotan disinfektan, Sang Putu Ruji (60) menjelaskan langkah-langkah yang diambil dalam mencegah penularan Covid-19 di wilayahnya.

“Kita dari Banjar Karangsari mengambil keputusan untuk melakukan rapat pengurus, di mana rapat ini dihadiri oleh kelian adat, kelian dinas, pecalang dan juga relawan untuk persiapan-persiapan melakukan penyemprotan keliling di wilayah Banjar Karangsari,” jelasnya.

Dia melanjutkan, gerakan pertama dilakukan pada hari Minggu (5/4/2020), kedua pada Kamis (9/4/2020), ketiga dilaksanakan pada Senin (13/4/2020), kemudian pelaksanaan hari keempat dilakukan pada Jumat (17/4/2020) dan yang kelima pada Jumat (8/5/2020),” ujar Sang Putu Ruji saat ditemui di sela-sela aksi penyemprotan di Banjar Karangsari.

Dikatakannya, gerakan mencegah masuknya Virus Corona (Covid-19) ke lingkungan Banjar Karangsari tidak hanya menyasar kawasan jalan dan balai banjar, tetapi juga menyasar ke rumah-rumah warga.

Aksi ini, jelas Putu Ruji, sekaligus sebagai salah satu upaya untuk mengimbau masyarakat Banjar Karangsari agar selalu waspada terhadap sebaran atau paparan Virus Corona. “Selain penyemprotan disinfektan, kami prajuru banjar bersama Sekeha Taruna Taruni Yowana Manggala Bhakti Banjar Karangsari juga bergerak membagikan masker secara gratis kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, menurut Sang Putu Ruji, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan cara rajin mencuci tangan dan makan makanan bergizi serta menjaga imunitas tubuh.

“Dan yang juga kami tekankan adalah, agar masyarakat harus menggunakan masker jika melakukan kegiatan di luar rumah dan tetap melakukan jaga jarak jika bertemu dengan orang lain. Kami sangat berharap kepada masyarakat agar tetap mematuhi peraturan pemerintah dan semoga pandemi ini cepat berlalu,” katanya, berharap.  (LE-Tia)

Lenteraesai.id