HeadlinesKarangasemNews

Gempa Tektonik Kerap Terekam, Devy Kamil: Tidak Pengaruhi Aktivitas Magmatik Gunung Agung

Karangasem, LenteraEsai.id – Serangkaian gempa tektonik jauh belakangan ini kerap terekam pada peralatan seismik di Pos Pemantauan Gunung Api Agung Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Gempa tektonik terakhir kali terekam sebanyak dua kali dalam periode pengamatan Sabtu (11/04/2020) dini hari sejak pukul 00.00 Wita hingga pukul 06.00 Wita.

Dikonfirmasi mengenai pengaruh atas munculnya serangkaian gempa tektonik tersebut, Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Dr Devy Kamil Syahbana, secara tegas mengatakan bahwa gempa tektonik jauh yang kerap terekam tidak berpengaruh terhadap aktivitas magmatik Gunung Agung.

“Gempa tektonik jauh itu tidak berpengaruh ke aktivitas Gunung Agung saat ini,” katanya, menjelaskan.

Lebih lanjut, Devy Kamil menyebutkan, erupsi gunung api bisa terjadi diakibatkan oleh aktivitas magmatik dan hidrotermal, di mana salah satu indikatornya adalah dari gempa vulkanik.

Namun demikian, serentetan gempa terkonik belakangan ini tidak berpengaruh terhadap aktivitas magmatik Gunung Agung, meski gunung setinggi 3.143 meter di atas permukaan laut itu kini masih berstatus Level III (Siaga), ucapnya. (LE-KA)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id