judul gambar
GianyarHeadlines

Bintang, Murid SD Asal Gianyar Juarai Lomba Nyurat Aksara Bali

Gianyar, LenteraEsai.id – Ni Luh Putu Bintang Santiari (12), seorang siswi kelas VI SDN 3 Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, berhasil meraih juara I dalam lomba Nyurat Aksara Bali serangkaian penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali yang digelar Dinas Kebudayaan Provinsi Bali di Art Centre Denpasar, Senin (24/2/2020) lalu.

Sebagai juara, putri pertama dari pasangan I Putu Kersia dengan Ni Putu Erningsih asal Banjar Silungan, Desa Lodtunduh, Ubud itu, dijadwalkan menerima piagam dan hadiah pada Kamis (27/2) pagi.

“Pengumumannya sudah langsung hari itu setelah lomba usai. Tapi penyerahan hadiahnya akan dilakukan besok (Kamis) di Art Centre,” kata Ni Putu Erningsih, orang tua Putu Bintang saat ditemui di rumahnya, Rabu (26/2/2020).

Saat lomba berlangsung, tema cerita yang musti disalin ke aksara Bali berjudul Pan Cangklong. Cerita disalin ke atas kertas double folio yang telah disediakan oleh panitia. Bintang disebutkan menulis sangat rapi, tebal tipisnya setiap aksara ditulis sedemikian rupa.

Erningsih menyebutkan bahwa putrinya Bintang mulai tekun menulis aksara Bali sejak 2 tahun lalu. “Bintang pertama kali itu lomba nyurat aksara Bali pada serangkaian Porsenides Lodtunduh, dan langsung muncul sebagai juara. Sejak saat itu dia termotivasi,” ucap Erningsih yang telah 10 tahun mengabdi sebagai Guru Tidak Tetap (GTT) di SDN 3 Lodtunduh.

Dari prestasi di tingkat desa, Bintang bersemangat mengikuti ajang lomba yang jenjangnya lebih tinggi. “Penjaringan di tingkat kabupaten diikuti sekitar 300 siswa SD. Berlangsung di wantilan Pura Samuantiga baru-baru ini,” jelasnya.

Siapa sangka, Bintang berhasil mengungguli ratusan peserta lain sehingga dipilih sebagai duta Gianyar ke Provinsi Bali. Pelajar kelahiran 3 Juni 2008 ini pun kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Bali. Jika besar nanti, Bintang berharap bisa menggapai cita-citanya menjadi seorang dokter.

Selain nyurat aksara Bali, Bintang juga memikiki kepandaian Mesatua Bali dan Dharmawacana. Tidak saja itu, nilai akademik Bintang bisa dikatakan sangat berprestasi. “Dari kelas I sampai kelas VI selalu juara I di kelas,” ujarnya.

Bintang juga pernah dinobatkan sebagai juara II lomba Mesatua Bali SD putri dalam rangka lomba nyastra Kabupaten Gianyar yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Gianyar tahun 2018 lalu. (LE-GN5)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id