judul gambar
BulelengHeadlines

Lama Diburu, Penjahat Asal Buleleng Diringkus di Sulawesi Selatan

Singaraja, LenteraEsai.id – Putu Dedi Andika (34), salah seorang pelaku aksi kejahatan yang diduga ada kaitannya dengan ‘gudang’ kendaraan bermotor hasil kejahatan di Sidetapa, diringkus Timsus Bhayangkara Goak Polres Buleleng (Raga Poleng) yang terjun melakukan upaya pemburuan.

Setelah cukup lama diburu di wilayah Pulau Dewata, penduduk asal Desa Kalibukbuk, Kecamatan dan Kabupaten Buleleng itu akhirnya berhasil dilacak dan ditangkap petugas di daerah Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi yang didampingi Kasat Reskrim AKP Arung Wiratama dan Kasihumas AKP Gd Darma Diatmika mengatakan hal itu kepada pers di Mapolres Buleleng di Singaraja, Selasa (2/4/2024).

Kapolres mengungkapkan, penangkapan terhadap tersangka Putu Dedi Andika berawal adanya laporan dari Made Sumardita pada 19 Februari 2024. Penduduk Jalan Lembu Sura, Darma Santhi, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara itu, melaporkan kendaraan miliknya telah digelapkan oleh pelaku.

Atas laporan tersebut, polisi berkali-kali berupaya mencari terduga pelaku ke rumahnya, namun yang bersangkutan tidak koorporatif, malah kemudian menghilang hingga harus dicari ke sejumlah daerah. “Di mana pada ujung pelariannya, pelaku Dedi Andika berhasil kami ringkus di daerah Pinrang, Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Kronologis dari aksi kejadian tersebut berawal dari Dedi Andika menyewa mobil Toyota Avanza DK-1042-BC kepada korban Sumardita pada 22 September 2023. Selama itu dalam perjalanannya berlangsung lancar-lancar saja, namun sejak 30 Januari 2024 pelaku tidak pernah ada kontak atau berkomunikasi dengan korban.

Dicari ke rumahnya, pelaku tidak pernah ada dan langsung putus komunikasi. Akhirnya korban memutuskan untuk melapor kepada pihak Satreskrim Polres Buleleng. Dan dari hasil penyelidikan petugas, lanjut Kapolres, mobil milik korban diketahui digadaikan oleh pelaku kepada orang bernama Nonot di Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. 

Dari rumah Nonot, kendaraan milik korban pun akhirnya diamankan petugas pada 7 Maret 2024, untuk dijadikan barang bukti dalam kasus kejahatan tersebut.

Dari hasil penyelidikan secara intensif, Timsus Bhayangkara Goak Polres Buleleng di bawah pimpinan Kasat Reskrim AKP Arung Wiratama, tanggal 30 Maret 2024 lalu berhasil mengamankan pelaku di rumah temannya di daerah Pinrang, Sulawesi Selatan, ujarnya.

Kapolres mengatakan, atas perbuatannya, pelaku Dedi Andika yang kini telah meringkuk di ruang tahanan Mapolres Buleleng, dapat dijerat pasal 372 KUHP atau 378 KUHP dengan  ancaman hukuman empat tahun penjara.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan 

Lenteraesai.id