judul gambar
GianyarHeadlines

Sukseskan Telajakan Bersemi dan Deligi, Pj Ketua TP PKK Bali Salurkan Bantuan di Desa Temesi

Gianyar, LenteraEsai.id – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny Ida Mahendra Jaya menyalurkan bantuan dari Bank Indonesia (BI), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali serta Tim Penggerak PKK Provinsi Bali secara simbolis kepada TP PKK Desa Temesi, bertempat  di Wantilan Balai Banjar Desa Temesi, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Kamis (21/3).

Kegiatan ini dilakukan guna mendukung dan mensukseskan Program Telajakan Bersemi Aku Hatinya PKK dan Program Desa Peduli Gigi (Deligi) di Desa Temesi, Gianyar tersebut.

Adapun bantuan yang disalurkan di antaranya 80 pot beserta bibit tanaman bougenvile dan 100 pohon tanaman lainnya dari Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali. Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan bibit tanaman cabe, kelapa genjah dan bibit jagung dari Dinas Pertanian dan Ketananan Pangan Provinsi Bali.

Kepala Desa Temesi I Ketut Branayoga mengatakan sebagai desa binaan dari TP PKK Provinsi Bali, dirinya sangat menyambut baik program-program yang dicanangkan guna mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa Temesi maupun desa yang ada di sekitarnya. “Harapan kami program-program, baik secara materi maupun lainnya, bisa berlanjut. Sehingga kami bisa berbenah dan bisa menjadi desa tujuan wisata yang mempunyai ikon tersendiri,” ucapnya.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Gusti Agung Diah Utari mengatakan sejalan dengan progam Pemerintah Provinsi Bali yakni pariwisata berkualitas, Bank Indonesia turut mendukung hal tersebut dengan memberdayakan masyarakat pada desa-desa wisata yang tersebar di Bali. “Jadi kami ada program pemberdayaan UMKM, salah satunya untuk pengembangan desa wisata,” ujar Gusti Agung Diah Utari.

Selain itu, BI bersama pemerintah juga terus mendorong pertumbuhan ekonomi maupun mencari sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru melalui program sosial yang mengusung prinsip dedikasi untuk negeri yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan berkesinambungan. “Salah satunya Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk Desa Temesi. Di mana kami memberikan bantuan berupa alat cuci tangan, alat peraga gigi, pot dan tanaman bougenvile. Jadi kami berharap program ini, nantinya bisa mendukung program-program di Desa Temesi yang bertujuan hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Penjabat Ketua Tim PKK Provinsi Bali Ny Ida Mahendra Jaya mengatakan TP PKK Provinsi Bali mempunyai 2 program unggulan yakni Program Telajakan Bersemi Aku Hatinya PKK dan Program Desa Peduli Gigi (Deligi) di Desa Temesi. Hal tersebut dilakukan guna mengubah citra Desa Temesi sebagai tempat pembuangan sampah menjadi desa yang indah dengan segudang potensi yang dimiliki.

Guna menyukseskan hal tersebut telah dilakukan penyerahan bantuan bibit tanaman dan tempat sampah dari beberapa OPD Kabupaten Gianyar, bantuan dari PT BPR Lestari dan dukungan dari Kampus ISI Denpasar. “Kemudian pada hari ini dilakukan penyerahan bantuan dari Bank Indonesia dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali,” kata Ida Mahendra Jaya.

Lebih lanjut, dirinya sangat mengapresiasi pihak-pihak yang telah ikut berpartisipasi dan mennyukseskan program unggulan TP PKK Bali. “Terima kasih kepada masyarakat Temesi, dan semua pihak yang ikut berpartisipasi. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi kita semua dan memotivasi yang lainnya baik lembaga, perusahaan ataupun individu di wilayah Provinsi Bali,” katanya.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id