judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Warga Denpasar Mulai Gelar Ritual Melasti di Pantai Padang Galak

Denpasar, LenteraEsai.id – Masyarakat Denpasar dengan antusias mulai melaksanakan Ritual Melasti di sejumlah pantai, termasuk di Pantai Padang Galak, Kecamatan Denpasar Timur, Kamis (7/3/2024). Ritual Melasti dilaksanakan menjelang pelaksanaan Hari Suci Nyepi yang jatuh pada tanggal 11 Maret 2024 mendatang.

Sebagai bentuk pelayanan dan guna menciptakan kelancaran dan keamanan di segala bentuk kegiatan masyarakat, baik keagamaan maupunĀ  kegiatan adat lainnya, personel Polsek Denpasar Timur (Dentim) di bawah kendali langsung Kapolsek Dentim Kompol Nyoman Darsana SH, melakukan pengamanan kegiatan upacara Melasti yang dilaksanakan oleh beberapa desa adat yang ada di Kota Denpasar, bertempat di Pantai Padang Galak, Desa Kesiman Petilan, Kecamatan Denpasar Timur yang dimulai sejak pukul 07.00 Wita.

Kegiatan Melasti ini merupakan rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi Caka 1946 tahun 2024, yakni sebelum pelaksanaan Upacara Pengerupukan yang jatuh pada Minggu (10/3) mendatang. Puncak pelaksanaan upacara Melasti di Pantai Padang Galak akan berlangsung pada Jumat, 8 Maret 2024.

Dalam pelaksanaan pengamanan pagi itu, personel Polsek Dentim bersinergi bersama TNI dan Pecalang Desa Adat Kesiman serta instansi terkait lainnya. Personel melaksanakan pengaturan arus lalulintas dan membantu kelancaran iring-iringan Melasti di simpang-simpang jalan yang dilalui masing-masing desa adat.

Di sela-sela pelaksanaan pengamanan, Kapolsek Dentim Kompol Nyoman Darsana SH mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal demi kelancaran serta keamanan seluruh rangkaian kegiatan Hari Suci Nyepi, termasuk upacara Melasti dan kegiatan Pengerupukan yang disertai dengan pawai Ogoh-ogoh serta puncak perayaan Hari Suci Nyepi Caka 1946.

Kehadiran Polsek Dentim bersama TNI dan Pecalang Desa Adat Kesiman serta instansi terkait lainnya, adalah wujud dari sinergi untuk memastikan masyarakat dapat melaksanakan upacara keagamaan dengan aman, tertib dan nyaman, katanya, menjelaskan.

Pewarta: Vivi Suryani
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id