judul gambar
AdvertorialHeadlinesKarangasem

Bupati Gede Dana Tinjau Langsung Lokasi Reservoir di Desa Datah Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Bupati Karangasem I Gede Dana didampingi Kepala UPT PAM Provinsi Bali Ida Bagus Raka Surya Atmaja, Direktur PDAM Tirta Tolangkir Kabupaten Karangasem, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karangasem, Camat Abang, petugas BPPW (Balai Permasyarakatan Pemukiman Wilayah) Bali, secara bersama-sama meninjau atau mengecek langsung ke tempat dibangunnya reservoir pada Kamis (7/3/2024).

Pengecekan tempat penampungan air yang berlokasi di Desa Datah, Kecamatan Abang itu diawali dengan mengecek volume air reservoir RD1 yang memiliki kapasitas 700m3. Jumlah air yang dapat ditampung sekitar 100.000 liter untuk pemenuhan 80 pelanggan dengan perkiraan membutuhkan volume air sebanyak 1.000m3 untuk setiap pelanggan.

Tempat penampungan air tersebut dapat dimanfaatkan secara menyeluruh dan terintegrasi secara bertahap. Bila volumenya berkurang, bak penampungan akan terisi air kembali dari kapasitas mesin yang sudah memadai dan tersambung aliran listrik. Berbeda dengan mesin sebelumnya yang menggunakan bahan bakar solar.

“Perlu dipastikan bagaimana teknis penyaluran, pendistribusian dan pemanfaatan air Telagawaja. Termasuk teknis pengelolaan dan pemeliharaannya agar benar-benar terjaga, terutama dalam pemenuhan kebutuhan air bagi penduduk di wilayah Kabupaten Karangasem,” ujar Bupati Karangasem I Gede Dana.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengecek volume air resevoir RD 2 yang memiliki kapasitas penampung pada kisaran 200m3. Sambil berjalan kaki menyusuri jalanan, pengecekan juga dilakukan pada sambungan SR di rumah-rumah penduduk. Air tampak mengalir sangat deras melalui keran PAM yang dipasang, bahkan Bupati Gede Dana meminumnya langsung di hadapan undangan yang hadir.

Perwakilan warga setempat yakni Nyoman Sandi dan I Gede Karsa, senada mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Karangasem yang telah berupaya memudahkan penduduk Banjar Lebah, Desa Datah dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id