HeadlinesKarangasem

Peserta Studi Banding DPRD Karangasem Kunjungi DPRD Provinsi DKI Jakarta

Jakarta, LenteraEsai.id – Sekretariat DPRD Karangasem, Bali bersama awak media massa melakukan studi banding pada hari kedua, Jumat (23/2/2024), dengan mengadakan kunjungan ke Kantor DPRD Provinsi DKI Jakarta di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Rombongan yang diketuai Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Karangasem I Gusti Bagus Putra Sudewa SH, diterima tenaga ahli urusan pemberitaan pada Bagian Humas DPRD DKI Jakarta.

Cuaca Ibu Kota pada Jumat, 23 Februari 2024 itu sangat cerah. Pukul 09.00 WIB 24 orang peserta studi banding Sekretariat DPRD Karangasem, sudah bersiap di lobi Hotel Santika tempat menginap, menunggu angkutan. Sesuai jadwal hari kedua locus studi banding adalah ke Gedung DPRD Provinsi DKI Jakarta. Rombongan menumpang sejumlah unit mobil grab yang mengantarkan ke tempat tujuan.

Seperti biasa, menurut penuturan driver grab, kondisi jalan-jalan di Ibu Kota Negara Jakarta diwarnai kemacetan, baik siang maupun malam hari. Hal ini dikarenakan berbagai moda kendaraan penumpang umum, kendaraan pribadi dan kendaraan dinas ramai melaju di ruas -ruas jalan yang dilalui. Keadaan lalu lintas bertambah ruwet dengan adanya pengerjaan proyek MArty. Para pengendara sepeda motor tampak pada nekat menyalip kendaraan lain dan memotong jalan walau penuh resiko. Lampu traffic light yang masih menyala merah pun kerap diterobos. Sepanjang perjalanan, gedung-gedung pencakar langit seperti hotel-hotel berbintang, gedung perkantoran, apartemen dan lainnya seolah tertegun menyapa rombongan.

Tidak terlalu lama, rombongan studi banding Sekretariat DPRD Karangasem tiba di Gedung DPRD DKI Jakarta. Rumah rakyat itu sangat megah dan kokoh. Tidak ada petugas penjagaan ketat seperti ketika memasuki Gedung Sekretariat DPR RI di Senayan sehari sebelumnya. Justru rombongan disambut dan disapa sangat ramah dan santun oleh petugas sipil yang sedang berjaga siang itu. Kondisi Kantor DPRD DKI Jakarta di lantai satu tampak tidak terlalu ramai pada siang itu.

Rombongan studi banding Sekretariat DPRD Karangasem, Bali berjumlah 24 orang tersebut diterima di ruang pertemuan relatif sempit di lantai satu. Peserta kunjungan pun sedikit berdesakan. Setelah duduk beberapa menit di kursi yang disediakan, kemudian muncul tiga orang: dua orang pria dan seorang wanita dengan kostum tidak resmi.

Ketiganya memperkenalkan diri sebagai tenaga ahli urusan pemberitaan Bagian Humas DPRD Provinsi DKI Jakarta. Mereka adalah Staris, Eko dan Tenamalinda. Bertindak sebagai juru bicara (jubir) saat itu Staris yang bergaya santai. Kata dia, seluruh tenaga ahli yang bekerja di Bagian Humas Pemprov DKI Jakarta ada 28 orang.

“Kami dari berbagai latar belakang keahlian. Ada beberapa orang dengan background pekerja media massa. Jadi kami bukan ASN. Tugas dan tanggung jawab kami membuat program-program dan konten berita seputar kegiatan DPRD Provinsi DKI Jakarta. Juga mengelola website. Melakukan liputan kegiatan pimpinan dan anggota dewan. Berita-berita dengan konten menarik dan mengedukasi masyarakat, kami distribusikan ke berbagai media massa dan media sosial (medsos), ” papar Staris kepada para tamunya.

Pimpinan rombongan studi banding Sekretariat DPRD Karangasem, Bali I Gusti Bagus Putra Sudewa menyampaikan banyak-banyak terima kasih pada tenaga ahli urusan pemberitaan Bagian Humas Pemprov DKI Jakarta, dikarenakan menerima dengan baik dan kekeluargaan rombongan dari Bali di tengah-tengah kesibukan mereka.

“Pengetahuan dan pengalaman yang kami dapat di sini (DPRD Provinsi DKI Jakarta red) sangat penting dan berguna untuk kami terapkan di tempat tugas nanti. Sekali lagi terima kasih atas penerimaannya,” ucap Bagus Putra Sudewa dengan santun dan ramah.

Selesai pertemuan dilanjutkan pemberian cenderamata dari pimpinan rombongan Sekretariat DPRD Karangasem kepada tenaga ahli Bagian Humas DPRD DKI Jakarta. Kegiatan studi banding ditutup dengan foto bersama.

Pewarta: I Made Astra
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id