DenpasarHeadlines

Kota Denpasar Umumkan 12 Ogoh-ogoh Terbaik Tahun 2024

Denpasar, LenteraEsai.id – Setelah melalui proses penilaian di tempat selama dua hari pada 17-18 Februari lalu, Lomba Ogoh-Ogoh Kota Denpsar tahun 2024 akhirnya menetapkan pemenang. Di mana, terdapat 12 pemenang yang merupakan tiga besar terbaik dari masing-masing kecamatan se-Kota Denpasar. Nantinya, 12 ogoh-ogoh yang lolos ini akan diparadekan serangkaian pelaksanaan Kesanga Festival pada 1–3 Maret mendatang.

Pengumuman yang tertuang dalam berita acara yang ditandangani seluruh Tim Juri dan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar itu diumumkan secara resmi pada Minggu (18/2) malam. Di mana, untuk wilayah Denpasar Selatan, ST Dharma Subiksa Banjar Sasih Panjer keluar sebagai Nominasi I dengan nilai 279, disusul ST Sukerela Banjar Kepisah Pedungan sebagai Nominasi II dengan nilai 268, dan Nominiasi III diraih ST Canti Graha Banjar Tengah, Desa Sesetan dengan nilai 265.

Selanjutnya untuk Kecamatan Denpasar Barat, Nominasi I diraih ST Yowana Sawitra Banjar Abinatimbul dengan nilai 276, disusul ST Wira Dharma Banjar Sumuh sebagai Nominasi II dengan nilai 271, dan Nominasi III diraih ST Sekar Tirta Yowana Banjar Sapta Bumi dengan nilai 266. Untuk Kecamatan Denpasar Utara, Nominiasi I diraih ST Cantika Banjar Sedana Mertha dengan nilai 290, sebagai Nominiasi II diraih ST Werdhi Sesana Banjar Tega dengan nilai 285, dan Nominasi III diraih ST Eka Pramana Banjar Mertha Rauh dengan nilai 272.

Sedangkan untuk Kecamatan Denpasar Timur, Nominiasi I diraih ST Santhi Yowana Banjar Yangbatu Kangin dengan nilai 274, disusul ST Yowana Werdhi sebagai Nominasi II dengan nilai 264 dan Nominiasi III diraih ST Mekar Sari Banjar Kesambi dengan nilai 257.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara saat dikonfirmasi Senin (19/2), mengatakan penilaian lomba di tingkat kecamatan telah usai dilaksanakan. Dalam penilaian ini akan dicari sebanyak tiga Ogoh-ogoh terbaik di masing-masing kecamatan. Nantinya 3 Ogoh-ogoh terbaik di tiap-tiap kecamatan akan mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp30 juta.

Tak hanya itu, dalam pembuatan Ogoh-ogoh tahun 2024 ini, Pemkot Denpasar memberikan insentif kepada sekaa teruna. Pemkot menggelontorkan anggaran sebesar Rp3,6 miliar khusus untuk pembuatan Ogoh-ogoh dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946.

Jumlah tersebut diperuntukkan bagi 360 sekaa teruna (ST) di Kota Denpasar sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya Bali. Di mana, masing-masing ST mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp10 juta.

“Total 12 Ogoh-ogoh terbaik dari empat kecamatan sudah ditetapkan, di mana 12 pemenang tersebut akan mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp30 juta, dan nantinya diparadekan di kawasan Catur Muka Denpasar serangkaian Kesanga Festival 2024,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Raka Purwantara, Kasanga Festival 2024 akan digelar selama tiga hari pada 1–3 Maret 2024. Selain menampilkan 12 Ogoh-ogoh terbaik, festival juga dimeriahkan dengan lomba Ogoh-ogoh mini, lomba sketsa Ogoh-ogoh, dan lomba baleganjur ngarap.

“Kami ucapkan selamat bagi seluruh karya ST yang sudah masuk nominasi, selanjutnya persiapkan diri menuju Kesanga Festival tahun 2024. Bagi yang belum masuk nominasi, tetap berkarya dan bersemangat,” ujarnya, menyampaikan.

Pewarta: Pande Aubade
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id