judul gambar
Denpasar

Antisipasi Musim Penghujan, DPUPR Denpasar Lakukan Pembersihan Kawasan Aliran Sungai

Denpasar, LenteraEsai.id – Situasi cuaca yang tidak menentu dan hujan yang sering tidak merata di beberapa kawasan di Kota Denpasar, menjadi atensi Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Denpasar. Kawasan rawan genangan, hingga daerah sungai yang berpotensi  terjadi sumbatan sampah menjadi fokus dalam antisipasi situasi cuaca saat ini.

“Antisipasi dan juga prioritas pembersihan beberapa kawasan sungai tetap dilakukan, meski situasi cuaca saat ini tak menentu,” ujar Kadis PUPR Kota Denpasar AA Ngurah Bagus Airawata, saat dihubungi Rabu (3/1).

Lebih lanjut disampaikan, pembersihan sungai ini menjadi agenda rutin DPUPR Denpasar yang kali ini menyasar saluran air di kawasan Jalan Imam Bonjol, Banjar Abiantimbul yang berhasil mengangkat sampah seperti kayu, hingga sampah plastik. Di samping itu juga, beberapa kawasan aliran sungai tetap menjadi pemantauan DPUPR Denpasar. Seperti sungai di kawasan Desa Pemecutan Kaja, aliran sungai di Jalan Raya Pemogan, sungai di kawasan Desa Pedungan, dan aliran sungai di kawasan Sesetan, Denpasar Selatan.

Hal ini dilaksanakan sebagai upaya antisipasi dalam mencegah meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sedimentasi, sampah atau benda padat lainya di saluran air.

“Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai yang sebenarnya, hal ini dilaksanakan secara rutin, sehingga saat debit air meningkat tidak meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu,” kata Agung Airawata sembari mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dan saluran air lainnya.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id