judul gambar
BadungHeadlines

Tim SAR Temukan WNA yang Terseret Ombak di Batubelig Badung

Badung, LenteraEsai.id – Seorang pria WNA asal China yang terseret arus di Pantai Batubelig, Desa Adat Kerobokan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, akhirnya berhasil ditemukan tim SAR pada Rabu (8/11/2023) pagi pukul 08.50 Wita.

Personel Kantor SAR Denpasar yang melakukan pencarian menggunakan jetski, menemukan korban terapung-apung di atas permukaan air laut dalam keadaan sudah meninggal dunia.

“Kami menggerakkan alut laut berupa 2 unit jetski, 1 unit perahu karet yang didukung sebanyak 15 personel di lokasi pencarian,” kata I Wayan Suwena selaku Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Denpasar ketika dihubungi sore harinya.

Dikatakan, dalam upaya pencarian terhadap korban yang pada Selasa (7/11) lalu dilaporkan hilang saat berenang di Pantai Batubelig, dilakukan tim SAR gabungan dalam dua lokasi pencarian. Di mana SRU laut memulai pergerakan dari Pantai Kelan, sementara SRU darat ditempatkan di Pantai Batubelig untuk menyisir di sepanjang bibir pantai.

“Pada pukul 08.50 Wita, target atau korban kami temukan mengambang di tengah laut di sekitar Pantai Petitenget, pada jarak kurang lebih 100 meter dari bibir pantai,” ungkapnya seraya menjelaskan bahwa korban yang asal China tersebut diketahui berinisial XFJ, pria berusia 34 tahun .

Begitu ditemukan, jenazah langsung dievakuasi oleh tim SAR dengan menggunakan kendaraan laut jetski ke Pantai Batubelig, untuk selanjutnya diboyong lewat jalur darat menuju Rumah Sakit Sanglah Denpasar guna mendapatkan visum dokter mengenai penyebab kematiannya, ujar Wayan Suwena.

Diberitakan sebelumnya, dua WNA yang sedang asik berenang di Pantai Batubelig, tiba-tiba hanyut terseret arus deras pada Selasa (7/11/2023) sore lalu. Di mana salah seorang korban yang adalah perempuan asal Ukraina,  berhasil diselamatkan, sementara seorang yang lain tenggelam terbawa arus.

Namun, upaya pencarian oleh tim SAR gabungan yang dilakukan sejak sore hingga petang hari itu tidak membuahkan hasil, sehingga operasi dengan mengerahkan kendaraan di perairan akhirnya kembali dilakukan pada Rabu pagi ini, dan berhasil menemukan korban dalam keadaan telah meninggal dunia.

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Kantor SAR Denpasar, Ditsamapta Polda Bali, Polair Polda Bali, Polair Polresta Denpasar, Polsek Kuta, Bhabinkamtibmas Seminyak, BPBD Badung, Balawista Badung, Limas Desa Seminyak, Potensi SAR 115, keluarga korban serta masyarakat sekitar.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id