judul gambar
BulelengPendidikan

FT Unud Lakukan Penguatan Kapasitas Ormawa Melalui Program Bank Sampah

Buleleng, LenteraEsai.id – BEM Fakultas Teknik Universitas Udayana menyelenggarakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa, bertempat di Banjar Witajati, Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Jumat (27/10/2023).

Program ini berupa pelatihan penggunaan mesin cacah sampah dan pelatihan pengoperasian mesin jahit karung agar menghasilkan produk dengan nilai ekonomis lebih tinggi. Pelatihan dihadiri sebanyak  20 warga Banjar Witajati serta Kelompok Tani Desa Wita.

Dalam proses pelatihan itu, turut diserahkan bantuan alat pencacah sampah dan mesin jahit karung. Untuk diketahui, mesin pencacah sampah organik merupakan alat yang berfungsi untuk mencacah sampah organik berupa makanan sisa maupun sampah perkebunan menjadi potongan yang lebih kecil, sehingga mempercepat proses dekomposisi menjadi pupuk organik. Setelah dicacah, pupuk organik kemudian ditampung pada karung dan dijahit menggunakan mesin jahit karung.

Kegiatan ini diharapkan memberi dampak langsung terhadap warga desa dan juga kelompok tani serta Bank Sampah yang bisa membuat produk olahan sampah seperti pupuk organik dari bahan sampah organik.

Peliput: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id