BadungHeadlinesNasional

Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Penanganan Stunting di Bali

Badung, LenteraEsai.id – Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya mendampingi Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin melaksanakan peninjauan Penanggulangan Stunting di Bale Banjar Mumbul, Desa Adat Bualu, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Selasa (Anggara Umanis, Uye) 17 Oktober 2023.

Wapres Ma’ruf Amin pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas keberhasilan penanggulangan stunting di Provinsi Bali.

“Di Badung itu stuntingnya sudah turun menjadi 3.2% dari tahun lalu 6,6%. Untuk Bali sesuai informasi Pj Gubernur Bali sekarang masih 8%, dan sudah terjadi penurunan yang akan diumumkan bulan depan sekitar 4,65%,” tutur Wapres.

Hal ini menunjukkan bahwa target nasional sangat mungkin untuk dicapai, meskipun masih terdapat beberapa daerah yang saat ini belum mencapai target nasional, tapi ia optimis tahun depan angkanya ada di kisaran 14%.

“Seperti di Bali, sudah banyak yang di bawah 10%, artinya di 2024 sudah jauh melampaui target. Walaupun ada beberapa daerah masih ada di atas 10% bahkan sampai 18%, tapi diperkirakan capaian target 14% akan peroleh,” ucapnya.

Capaian tersebut menurut Wapres tentunya atas keberhasilan kerja sama seluruh komponen masyarakat Bali, Pemprov, Pemda/Pemkot bersama Kementerian/Lembaga terkait. Dan diharapkan dapat terus meningkat dalam menyelesaikan permasalahan stunting.

“Anak-anak adalah masa depan kita, masa depan negara. Harus pintar, cerdas dan berdaya saing, dan itu kuncinya harus sehat, tidak ada stunting. Untuk di wilayah ini (Posyandu Cempaka,Br. Mumbul; red) anak-anaknya tidak ada yang stunting atau 0%, berarti ibu-ibu sudah bisa menjaga anak – anaknya dengan baik, berhasil menjaga mulai kehamilan, lahir, hingga tumbuh kembang saat ini. Jadi, saya berharap para ibu bisa terus jaga anak-anaknya agar bisa selalu sehat. Terima kasih kepada para ibu-ibu,” kata Wapres Ma’ruf saat menyapa para ibu-anak peserta posyandu.

Kepala Puskesmas Kuta Selatan Made Sudiana yang kala itu memberikan presentasi menyampaikan penanggulangan stunting di wilayah Kuta Selatan khususnya Banjar Mumbul direalisasikan salah satunya dalam bentuk kegiatan posyandu yang rutin digelar tiap bulannya di lokasi tersebut.

Anak-anak secara berkala mendapatkan pemeriksaan kondisi kesehatan dan fisik, diukur berat badan dan tinggi ideal yang berbanding lurus dengan usianya. Serta mendapatkan imunisasi vaksin, diberikan asupan tambahan yang kaya nutrisi, dan tambahan vitamin.

“Posyandu Cempaka ini merupakan layanan kesehatan berbasis masyarakat, yang memiliki kategori posyandu mandiri dan terintegrasi dengan Tim PAUD, juga meliputi posyandu remaja serta posyandu lansia. Untuk posyandu ini, nihil stunting Pak Wapres,” ujarnya.

Acara peninjauan tampak pula dihadiri Ny Hj Wury Ma’ruf Amin, Ny Ida Mahendra Jaya serta Bupati Badung Nyoman Giri Prasta.

Peliput: NPA Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id