DenpasarHeadlines

Wali Kota Denpasar Tidak Sediakan Tiket Gratis ke Singapura Bagi Pawang yang Turunkan Hujan

Denpasar, LenteraEsai.id – Sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara akan menyedikan tiket gratis liburan ke Singapura bagi pawang yang bisa menurunkan hujan hingga api yang terus berkobar di TPA Suwung Denpasar menjadi padam.

Namun, belakangan Wali Kota Jaya Negara membantah hal itu. Dengan kata lain, tidak benar dirinya menyedikan tiket gratis bagi pawang atau siapa saja yang bisa menurunkan hujan di kawasan TPA Suwung, yang sejak beberapa hari ini ‘diamuk’ si jago merah dengan memancarkan asap putih kehitaman dalam ratusan meter ke angkasa.

Seperti diberitakan beberapa media massa di Bali, diungkapkan bahwa Jaya Negara menyampaikan hal tersebut saat memimpin jumpa pers terkait pelaksanaan D’Youth Fest 3.0, di Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Selasa (17/10) lalu. Namun menurutnya, pernyataan tersebut hanyalah candaan atau ‘joke’ yang dilontarkannya kepada para wartawan yang hadir.

Usai mengikuti Rapat Koordinasi di Kantor Gubernur Bali di Denpasar, Kamis (19/10/2023), Wali Kota Jaya Negara saat dicegat wartawan menjelaskan bahwa tidak ada maksud menggelar sayembara bagi para pawang hujan. Di mana, pernyataan yang disampaikan tersebut merupakan candaan di ruang tertutup yang dikhususkan untuk awak media massa yang hadir.

“Saya klarifikasi ya, tidak ada maksud saya menggelar sayembara, melainkan itu hanya candaan atau ‘joke’ kepada rekan-rekan wartawan yang hadir, agar suasana rapat tidak tegang, karena hari itu kita fokus membahas kegiatan anak muda berbasis kreativitas yakni D’Youth Fest 3.0. Begitu maksudnya,” ujar Jaya Negara

“Jadi saya sampaikan begini, sesaat setelah duduk di lokasi jumpa pers, saya sampaikan, kalau ada rekan wartawan yang bisa menurunkan hujan, sekarang bisa datang ke TPA. Kalau langsung turun hujan, saya akan berikan hadiah tiket ke Sungapura. Tapi, sekali lagi, itu joke, biar pertemuannya tidak tegang. Begitu saya katakan kala itu,” ujarnya menceritakan kejadian ketika menggelar jumpa pers terkait giat D’Youth Fest 3.0.

Meski demikian, lanjut Wali Kota Jaya Negara, pihaknya tidak menampik bahwa saat ini hujan menjadi salah satu harapan dalam mendukung optimalisasi penanganan kebakaran di TPA Suwung. Terlebih, situasi saat ini berada pada musim kering.

“Tadi saat rapat, Bapak Kepala BNPB juga mengakui, bahwa turunkan hujan menjadi salah satu upaya yang akan ditempuh dalam mendukung optimalisasi penanganan kebakaran di TPA Suwung,” ujar Jaya Negara.

Sementara, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, Cokorda Gede Partha Sudarsana menguatkan pernyataan Wali Kota Jaya Negara tersebut. Pihaknya yang hadir dalam kesempatan tersebut menekankan bahwa pernyataan tersebut hanyalah candaan, khusus untuk wartawan yang sudah sering bertugas di Kota Denpasar.

“Itu candaan biasa, antara Pak Wali Kota dengan wartawan, kan sudah sering dijumpai dalam bertugas, jadi suasanannya sudah akrab, hanya candaan saja, mungkin ada beberapa yang menganggap hal itu serius,” katanya.

“Bahkan di akhir sesi Pak Wali sempat menekankan juga, kita berharap agar api di TPA Suwung segera padam, dan api kreativitas anak muda Denpasar terus menyala pada gelaran D’Youth Fest 3.0. Begitu situasinya, jadi mohon maaf atas kegaduhan yang ditimbulkan ini,” ujar Cokorda Partha, menambahkan.

Peliput: Pande Aubade
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id